Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Dirilis, Mahal Atau Murah?

Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Dirilis, Mahal Atau Murah?
 Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Dirilis, Mahal Atau Murah? (Dok. Agustinus Tri Mulyadi)
SwaraWarta.co.id - Setelah melakukan pengenalan warga dengan tiket gratis beberapa kali, akhirnya Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) atau Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan resmi berbayar.

Tiket berbayar tersebut akan resmi diberlakukan sejak tanggal 18 Oktober 2023, untuk ruta pulang-pergi Bandung-Jakarta juga sebaliknya.

Sebelumnya pihak KCIC telah memberlakukan layanan kereta cepat ini atau Whoosh dengan tarif diskon sebagai ajang pengenalan ke calon penumpang.

Setelah beberapa kali, tarif normal inilah yang akan diberlakukan ke para penumpang sebagai pengguna kereta cepat ini.

Sebelumnya, para penumpang yang hendak pergi ke Bandung-Jakarta atau sebaliknya dengan menggunakan transportasi kereta adalah dengan memakai kereta Argo Parahyangan.

Whoosh menjadi alternatif lainnya untuk penggunaan alat transportasi kereta selain Argo Parahyangan yang diklaim jauh lebih cepat.

Setelah melalui berbagai pertimbangan yang mencakup studi, survei, serta fenomena serta kebutuhan transportasi massal masyarakat, pihak KCIC akhirnya menetapkan bahwa harga tiket per 18 Oktober adalah sebesar Rp. 300.000.

Harga tiket tersebut di atas masih untuk kelas premium ekonomi saja. Untuk kelas lainnya semisal kelas bisnis dan first class pihak KCIC masih belum menyediakannya.

Tiketnya sendiri bisa dibeli oleh calon penumpang lewat dua cara, yakni online maupun offline.

Untuk pembelian secara online, calon penumpang bisa memesannya kewat website resmi KCIC yakni di ticket.kcic.co.id.

Sementara untuk pembelian secara offline bisa dilakukan langsung di stasiun pemberangkatan dengan menggunakan Vending Machine di loket stasiun.

Sebagai perbandingan dengan harga tiket Kereta Argo Parahyangan pada tanggal yang sama, 18 Oktober, dibanderol dengan kisaran harga Rp. 150.000 hingga Rp. 510.000.

Harga tersebut sesuai dengan kelasnya masing-masing, yakni: untuk kelas Ekonomi dibanderol Rp. 150.000, kelas Eksekutif dibanderol Rp. 200.000, dan kelas Luxury dibanderol dengan harga Rp. 380.000 hingga Rp. 510.000.

Kalau dibandingkan, jelas KCIC lebih mahal dibanding Argo Parahyangan untuk kelas yang sama, atau selisihnya 100%, tetapi Whoosh diklaim menang dalam waktu tempuh yang jauh lebih cepat.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung diperkirakan akan memakan waktu tempuh selama 36 hingga 44 menit saja sekali pemberangkatan, sementara Argo Parahyangan memakan waktu selama 2 jam 45 menit hingga 3 jam 2 menit.

Perbandingan waktu tempuh jelaslah Kereta Cepat Jakarta-Bandunglah pemenangnya. Bagaiamana pilihan Anda?



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter