Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

TikTok Shop Resmi Ditutup Hari Ini, Penjual Barang-Barang Ini Harus Putar Haluan

TikTok Shop Resmi Ditutup Hari Ini, Penjual Barang-Barang Ini Harus Putar Haluan
TikTok Shop

SwaraWarta.co.id - Mulai hari ini, Rabu, 4 Oktober 2023 TikTok Shop resmi ditutup. Hal ini berlaku mulai pukul 17.00 WIB. sore nanti.

Pengumuman ini sendiri resmi dirilis TikTok Shop ke publik lewat halaman utama beritanya.

Soal penutupan ini sendiri pihak TikTok Shop memberikan sedikit statement-nya dengan mengatakan bahwa mereka menghormati dan mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia.

Keberadaan TikTok Shop di Indonesia lumayan lama, hampir dua tahunan yakni semenjak tahun 2021 dan langsung digemari masyarakat.

Hal ini membuat animo masyarakat terhadap barang-barang yang dijual di TikTok Shop sangat besar hingga e-commerce ini menjadi sangat populer.

Banyak para pelaku usaha khususnya para pedagang memakai jasa TikTok Shop ini untuk melakukan transaksi online.

Hal ini kemudian menjadi permasalahan yang besar yang berimbas pada transaksi pedagang konvensional secara offline meredup.

Ini kemudian menjadi polemik yang membuat pemerintah mengambil sikap karena banyaknya keluhan dari masyarakat soal sepinya pasar-pasar konvensional setelah TikTok Shop menjadi primadona.

Setelah melakukan pengkajian ulang, lantas perumusan dan revisi perundang-undangan yang telah ada, pemerintah akhirnya memutuskan untuk menutup TikTok Shop.

Pemerintah melihat bahwa TikTok adalah social commerce yang juga merupakan e-commerce secara bersamaan. Dan ini menyalahi aturan.

Social commerce dan e-comnerce harusnya berjalan sendiri-sendiri. Ini yang menjadi salah satu alasan kenapa TikTok Shop resmi ditutup.

TikTok Shop menjadi saran dagang yang diminati para pedagang. Ada banyak produk dijual dan laku keras.

Dari sekian banyak produk yang dijual di TikTok Shop, berikutnya yang paling banyak digemari:

Fashion

Meliputi kaos, kemeja, celana, rok, sandal, sepatu, dan yang lainnya yang mencakup semua rentang usia dari anak hingga dewasa.

Kosmetik

Dari mulai pencuci muka, skincare, make up wajah, perawatan kulit pria maupun wanita, foundation, blush on, dan sebagainya. Di TikTok produk ini laris manis yang menyisir semua segmen dari level bawah hingga atas.

Elektronik

Smartphone, alat rumah tangga, jam tangan digital, ear phone, hingga yang lainnya memang menjadi barang-barang yang sukses digemari oleh masyarakat.

Alat Rumah Tangga

Dalam mulai perabotan rumah, dekorasi interior, wallpaper, alat-alat dapur, dan lain-lainnya.

Produk Khusus Anak

Dari mulai mainan mobil-mobilan, mainan edukasi, puzzle, produk-produk bayi memang sangat lengkap disediakan oleh pedagang-pedagang di TikTok.

Makanan dan Minuman

Ini sudah pasti. Pasarnya pun bisa menyisir semua segmen masyarakat.

Dengan ditutupnya TikTok Shop para pedagang produk-produk di atas harus memutar haluan untuk mencari platform jual beli lain yang bisa cocok untuk produk mereka.




Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter