Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Survei Capres Terbaru: Siapa Paling Melejit?

Survei Capres Terbaru: Siapa Paling Melejit?
 Survei Capres Terbaru: Siapa Paling Melejit?


SwaraWarta.co.id - Elektabilitas tiga pasang Capres dan Cawapres kembali ber-fluktuasi menjelang tahun Pemilu 2024.

Sejumlah lembaga survei nasional kembali melakukan poling dengan berbagai kelompok serta responden yang beragam.

Pada November ini, Laboratorium Ilmu Politik Universitas Bakrie ikut melakukan survei untuk mengetahui elektabilitas pasangan mana yang jauh lebih unggul.

Survei ini sendiri dilakukan mulai dilakukan pada tanggal 15 hingga 20 November 2023, dengan isu utama yang menguat adalah efek Gibran dan Muhaimin Iskandar sebagai Capres.

Sebagai perbandingan, pada survei bulan September, elektabilitas Anies Baswedan mampu menyentuh angka 15-16 %, lantas terlihat mengalami peningkatan pada November hingga menyentuh kisaran angka 21 %.

Artinya, elektabilitas Anies Baswedan sebagai Calon Presiden, menigkat sebanyak 5 % dari elektabilitas bulan sebelumnya.

Peningkatan yang sama juga dialami oleh pasangan Capres dan Cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mengalami trend kenaikan sebanyak 10 %.

Elektabilitas di bulan September yang berada pada angka 33 %, naik menjadi sebanyak 43 %.

Peningkatan elektabilitas Prabowo-Gibran bukan hanya dipengaruhi oleh efek Gibran saja, tetapi juga terdongkrak oleh pendukung fanatik Jokowi yang memutuskan pindah haluan untuk tidak lagi memberikan suaranya kepada partai PDI-P.

Berbeda dari elektabilitas kedua pasangan Capres dan Cawapres di atas, efek Ganjar-Mahdud belum sempat terjadi, bahkan mereka harus mengalami penurunan elektabilitas di bulan ini.

Ganjar-Mahfud mengalami pelemahan dukungan dengan merujuk hasil yang terjadi di bulan September yang menyentuh angka 33 %, sementara di November ini malah harus melorot hingga angka 26 %.

Penurunan dukungan atas Ganjar-Mahfud ini tentu saja merupakan imbas dari bermigrasinya para pendukung PDI-P Ganjar yang harus beralih ke kubu Gibran.

Nanub, secara keseluruhan, hasil elektabilitas Capres dan Cawapreahasilnya seperti berikut:

- Di posisi pertama diraih Prabowo-Gibram dengan suara sebanyak 43,48 %.

- Di posisi kedua diduduki oleh pasangan Ganjar-Mahfud dengan suara dukungan sebanyak 26,38 %.

- Di posisi ketiga ada Anies-Muhaimin yang harus puas dengan dukungan suara sebanyak 21,31 %.

- Sisanya: 1,04 % tidak memilih, sementara 7,79 % belum menentukan pilihannya.

Hasil elektabilitas para Capres dan Cawapres ini tentunya bukan hasil final, sebab dari waktu ke waktu akan berubah secara fluktuatif tergantung situasi dan kondisi politik yang mempengaruhinya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter