Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Kuliner Solo yang Jarang Diketahui, Padahal Rasanya Lezat!

5 Kuliner Solo yang Jarang Diketahui, Padahal Rasanya Lezat!
Bakmi Toprak menajadi salah satu kuliner Solo yang memiliki rasa unik (Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Kota Solo, yang terletak di Jawa Tengah, terkenal sebagai tempat yang cocok bagi penggemar kuliner. 

Rekomendasi Kuliner Solo yang Dikenal Lezat dan Nikmat

Saat berkunjung ke Solo, kamu pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mencoba makanan khasnya. Berikut makanan khas Solo yang wajib dicoba, yakni:

1. Ledre

Ledre adalah salah satu jajanan khas dari kota Solo. Jajanan ini terbuat dari adonan tepung ketan yang dicampur dengan pisang dan parutan kelapa. 

Selanjutnya, adonan tersebut digoreng pipih berbentuk lingkaran. Setelah matang, ledre ditekuk hingga membentuk setengah lingkaran, dan kemudian siap disajikan.

Jika ingin mencicipi Ledre yang lezat, Anda bisa datang ke Ledre Laweyan yang berada di Kampung Batik Laweyan, Jalan Setono No.158, Laweyan, Kecamatan Laweyan, Solo. 

2. Brambang Asem 

Brambang Asem adalah makanan dari kota Solo yang terkenal dengan rasanya yang unik. Makanan ini terbuat dari jlegor yang dibalur dengan sambal brambang. 

Sambal brambang itu terbuat dari bahan-bahan seperti bawang merah, cabai, asam, dan gula jawa, yang membuat rasanya pedas, manis, dan asam sekaligus.

Brambang asem sering disajikan bersama dengan tempe gembus, yang membuat rasanya semakin nikmat.

3. Bakmi Toprak

Bakmi toprak adalah makanan yang berisi mie kuning, tahu, daging sapi, janggelut, tempe, dan kacang goreng yang disajikan dengan kuah bening. 

Jika Anda pecinta makanan yang pedas, Anda bisa minta penjual untuk menambahkan potongan cabai.

Apabila Anda sedang berada di Solo sangat disarankan untuk mencoba kuliner ini. Terlebih kuliner ini terdapat di 2 tempat.

4. Tahok

Tahok adalah kuliner Solo berjenis minuman. Minuman ini berkuah jahe, gula aren, dan serai. Isiannya adalah kembang tahu yang dibuat dari bahan kedelai. 

Rasanya merupakan perpaduan dari manis, gurih, dan hangat pedas jahe. Oleh karena itu, minuman ini cocok dikonsumsi saat musim penghujan.

Anda bisa menemukan penjual tahok di depan Pasar Gede gedung barat. Tahok Pak Citro yang legendaris ini harganya Rp 9.000 per porsi.

5. Pecel Gender

Pecel adalah makanan yang memiliki banyak jenis. Salah satunya yaitu pecel gendar yang khas dari kota Solo. Uniknya, pecel ini tidak menggunakan nasi 

Kuliner ini disajikan menggunakan gendar yang terbuat dari bahan nasi yang kenyal dan empuk. 

Meski menggunakan gendar sebagai penggantinya, pecel gendar tidak jauh berbeda dengan pecel khas Solo lainnya yang terdiri dari berbagai macam sayuran.

Itulah lima jenis kuliner yang lezat dan unik. Oleh karena itu, kuliner tersebut wajib Anda coba saat mengunjungi kota Solo.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter