Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Wisata Gratis di Magelang yang Memiliki Daya Tarik Kuat

 

5 Wisata Gratis di Magelang yang Memiliki Daya Tarik Kuat
Taman Badaan yang bisa dikunjungi saat liburan (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Pernahkah Anda berpikir bahwa wisata edukasi bisa menjadi sarana yang tepat untuk memberikan pengetahuan baru dan menyenangkan bagi anak-anak?.

Di Jawa Tengah, tepatnya di kota Magelang, terdapat berbagai lokasi wisata edukasi yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak. 

Selain memberikan pengalaman baru, kunjungan ke tempat wisata ini juga dapat melatih kemampuan fisik, sosial, dan emosional anak-anak.

Rekomendasi Wisata Gratis di Magelang yang Menarik untuk Dikunjungi 

Berikut adalah 5 wisata Magelang gratis untuk edukasi yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga keluarga, yakni:

1.Museum Sudirman 

Museum ini dulunya merupakan tempat peristirahatan Jenderal Sudirman ketika beliau sakit hingga wafat. 

Museum ini sekarang berisi koleksi tentang hidup Jenderal Sudirman. Lokasinya yang mudah untuk dijangkau membuat museum ini menjadi destinasi yang cukup populer.

Di dalam museum ini, pengunjung dapat melihat beragam koleksi milik Jenderal Sudirman. Museum ini bisa dikunjungi setiap hari tanpa biaya tiket alias gratis.

2.Taman Badaan 

Taman Badaan Jika nama taman ini terdengar asing, mungkin karena taman ini masih baru dan belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. 

Letaknya terbilang cukup jauh dari pusat kota, tepatnya di Jl. Pahlawan Nomor 190, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara. 

Meski demikian, Taman Badaan layak dikunjungi baik untuk berpiknik maupun bermain. . Dan hal yang paling menyenangkan, Taman Badaan ini gratis dan buka setiap hari.

3. Museum BPK RI 

Museum ini terletak di kompleks Karesidenan Kedu-Surakarta (Bakorwil II) Kota Magelang dan memilik koleksi benda dari masa lalu dan masa kini seputar BPK RI.

Namun koleksinya bukan hanya tentang dunia keuangan, tapi juga tentang sejarah dan seni. Anda bisa melihat piranti teknologi canggih yang digunakan di museum ini.

Museum ini buka dari Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB dan juga gratis untuk semua kalangan masyarakat.

4. Museum Diponegoro 

Museum Diponegoro menawarkan informasi sejarah tentang pahlawan nasional Pangeran Diponegoro, khususnya perlawanannya pada masa Perang Diponegoro.

Berbagai benda berharga milik sang pangeran, seperti jubah, alat makan-minum, kursi dan meja beserta bekas garukan kukunya saat diasingkan di Manado

Museum ini berlokasi di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Banyuroto, Mertoyudan, magelang. Anda bisa mengunjungi museum ini setiap hari tanpa membayar tiket.

5. Museum Bumi Putra 1921 

Museum ini memiliki bangunan utama pada bangunan asli gedung pertama perusahaan Asuransi Bumi Putra 1912 yang terletak di Sugihwaras, Kecamatan Magelang Selatan.

Bangunan cagar budaya tonggak arsitektur Hindia Belanda ini bukan hanya berfungsi dalam sejarah asuransi di Indonesia tetapi juga menjadi bagian dalam sejarah Indonesia. 

Di dalam museum ini para pengunjung dapat mengetahui sejarah perkembangan dan peran penting Bumi Putra dalam perkembangan asuransi di Indonesia.

Itulah beberapa destinasi wisata di Magelang yang bisa dikunjungi saat libur tahun baru. Sebab beberapa wisata tersebut gratis.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter