Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Akibat Gempa di Bogor, 14 Rumah Rusak

Gempa Bogor 14 Rumah Rusak
Salah Satu Rumah Terdampak Gempa Bogor-SwaraWarta.co.id (Sumber: OkeZone.com)



SwaraWarta.co.id - Akibat gempa yang terjadi Jumat malam, BPBD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melaporkan bahwa 14 rumah di Desa Purwabakti, Pamijahan, Bogor, mengalami kerusakan.

Gempa yang memiliki kekuatan sebesar  magnitudo 4,3 yang terjadi pada Jumat (8/12) pukul 02.00 WIB dini hari tadi tejadi di Bogor dan efeknya hingga ke Sukabumi.

Hal itu dikonfirmasi juga oleh Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin, di Cibinong, Bogor.

Sebagai akibat dari guncangan gempa tersebut, dijelaskan bahwa empat kampung di Desa Purwabakti, yaitu Cigarehong, Padajaya, Padajembar, dan Kampung Cimapag, terdampak gempa bumi.

Namun, dari kejadian tersebut, kerusakan rumah terjadi hanya di dua kampung, yaitu Kampung Cigarehong dengan 7 unit rumah yang dihuni 7 KK/21 jiwa, dan Kampung Padajaya dengan 7 unit rumah yang dihuni 7 KK/31 jiwa.

Jalal mengungkapkan bahwa total 14 unit rumah rusak, dihuni oleh 14 KK/52 jiwa.

Gempa ini juga merusak fasilitas umum seperti Musala Al Istikomah di Kampung Cigarehong dan Musala Al Falah di Kampung Padajaya.

Meskipun tidak ada korban jiwa, gempa ini berpotensi menyebabkan pergeseran tanah dan bahkan tanah longsor, dengan retakan dan robohnya dinding rumah.

Jalal mencatat bahwa tim BPBD Kabupaten Bogor masih melakukan kaji cepat di lokasi yang terdampak, yang tersebar dengan jarak berjauhan.

Merujuk pada informasi sebelumnya, Kota Bogor, Jawa Barat, diguncang gempa berkekuatan magnitudo 4 pada Jumat dini hari, 8 Desember 2023, sekitar pukul 02:00:45 WIB.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa dengan magnitudo 4 tersebut terjadi pada koordinat 6.73 Lintang Selatan dan 106.61 Bujur Timur.

Guncangan gempa dengan kekuatan Modified Mercalli Intensity (MMI) skala III terasa hingga Kabupaten Sukabumi, termasuk wilayah kecamatan Kalapanunggal.

"#Gempa (UPDATE) Mag:4.0, 08-Des-23 02:00:45 WIB, Lok:6.73 LS, 106.61 BT (Pusat gempa berada di darat 25 km Barat Daya Kota Bogor), Kedlmn:5 Km Dirasakan (MMI) III Kalapanunggal Sukabumi #BMKG." Tulis BMKG di akun resminya untuk menginfokan gempa tersebut.

Sampai saat ini belum ada laporan dari wilayah lain soal dampak kerusakan serius atau parah akibat gempa tersebut.

Meski kekuatannya tidak begitu besar, kerusakan yang dialami belasan rumah tersebut memerlukan perbaikan segera.****


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter