Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Autopilot Membahayakan Pengemudi, Tesla Terancam Terkena Pembatasan Fitur

Autopilot Tesla Terancam Dibatasi
Fitur Autopilot Tesla Terancam Dibatasi Akibat Banyak Kecelakaan-SwaraWarta.co.id (TribunNews.com)


SwaraWarta.co.id - Pemilik Tesla Mobil, Elon Musk harap-harap cemas, karena otorita setempat mulai mewacanakan pembatasan fitur autopilot di mobil Tesla.

Hal ini berhubungan dengan adanya tuntutan keselamatan dari penggunaan fitur autopilot.

Pemilik mobil Tesla kini akan menghadapi pembatasan penggunaan fitur Autopilot setelah regulator keselamatan AS menyelesaikan penyelidikan dua tahun terhadap 1.000 kecelakaan terkait.

Tesla juga melakukan recall terhadap 2 juta mobilnya karena Autopilot diduga menjadi penyebab sekitar 1.000 kecelakaan.

Badan Keselamatan Lalu Lintas AS menyatakan bahwa Autopilot dapat memberikan rasa aman palsu dan rentan disalahgunakan dalam situasi berbahaya di mana teknologi Tesla mungkin tidak efektif.

Pembaruan perangkat lunak secara over-the-air pada Tesla akan meningkatkan peringatan kepada pengemudi ketika Autopilot aktif, khususnya fungsi "Autosteer".

Pemberitahuan ini akan mengingatkan pengemudi untuk tetap fokus pada setir dan perhatikan jalanan, sesuai pernyataan dari NHTSA.

Setelah recall ini, Tesla akan lebih memantau tingkat perhatian pengemudi saat Autosteer beroperasi.

Ada kemungkinan fitur tersebut akan dinonaktifkan jika sistem mendeteksi kurangnya fokus dari pengendara.

Meskipun Tesla telah memanfaatkan fitur bantuan pengemudi seperti Autopilot untuk meningkatkan keamanan berkendara, NHTSA telah melakukan studi lebih dari dua tahun terhadap laporan kecelakaan yang melibatkan Autopilot dan fungsi Autosteer.

Regulator keselamatan menyampaikan kepada Tesla bahwa dalam situasi tertentu saat Autosteer aktif, keunggulan dan kontrol fitur mungkin tidak cukup untuk mencegah penyalahgunaan oleh pengemudi.

Terutama, ketika pengemudi tidak sepenuhnya terlibat dan siap untuk mengendalikan mobil, risiko kecelakaan dapat meningkat.

Selain pembaruan perangkat lunak, Tesla akan memberi tahu pemilik mobil melalui surat tentang perubahan ini.

Elon Musk harus mempersiapkan diri bila fitur autopilot pada Tesla benar-benar dinonaktifkan.****


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter