Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Bukan Hanya di Jawa, Liburan Natal dan Tahun Baru 2024 Menyebabkan Kendaraan di Tol Luar Jawa Ikut Melonjak

Libur Nataru Ruas Tol Luar Jawa Ikut Melonjak
Lonjakan Kendaraan di Ruas Tol Luar Jawa pada Libur Nataru 2024-SwaraWarta.co.id (Sumber: Detik)


SwaraWarta.co.id - Dalam kererangan resmi, JNT mencatat lonjakan volume lalu lintas pada Hari Raya Natal 25 Desember 2023 di beberapa ruas tol di luar Pulau Jawa.

Di Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, kendaraan melintasi mencapai 30.671, meningkat 39,9% dari rata-rata harian 2023. Di GT Tebing Tinggi, peningkatan tertinggi dengan 18.470 kendaraan, naik 128,4% dari lalu lintas normal.

Ruas Tol Balikpapan-Samarinda melihat 14.494 kendaraan, naik 52,7%, sementara Tol Manado-Bitung mencatat 5.737 kendaraan, meningkat 6,4%.

Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa menyaksikan 49.800 kendaraan, naik 19,1%.

Senior General Manager JNT, Truly Nawangsasi, menekankan pentingnya memastikan kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima.

Jasa Marga mengingatkan pengguna tol untuk mengikuti protokol kesehatan, termasuk penggunaan masker di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyarankan agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh.

Ia juga mengimbau untuk memilih moda transportasi massal atau mengikuti program mudik gratis guna memastikan keselamatan perjalanan.

Pengguna tol diimbau untuk memastikan kecukupan bahan bakar dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

Keselamatan dan kesiapan menjadi kunci utama dalam menghadapi lonjakan lalu lintas selama periode liburan.

Perlu diingat bahwa perjalanan yang aman tidak hanya melibatkan kendaraan yang berfungsi dengan baik, tetapi juga kesiapan pengendara dalam mematuhi aturan dan protokol yang berlaku.

Semua pihak, termasuk pemerintah, operator jalan tol, dan pengguna jalan, memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan perjalanan yang aman dan nyaman.

Dengan kenaikan volume lalu lintas seperti ini, penting bagi semua pihak terlibat untuk bekerja sama guna memastikan kelancaran arus lalu lintas dan memberikan layanan yang baik kepada pengguna jalan.

Koordinasi antarinstansi dan komunikasi yang efektif akan menjadi kunci dalam mengatasi tantangan yang mungkin muncul selama periode padat ini.

Dalam menghadapi lonjakan lalu lintas selama liburan, keselamatan harus tetap menjadi prioritas utama.

Pengguna jalan tol diingatkan untuk mengemudi dengan hati-hati, menghindari kelelahan, dan selalu mematuhi aturan lalu lintas.

Dengan bersama-sama menjaga disiplin dan kesadaran dalam berlalu lintas, kita dapat menciptakan perjalanan yang aman dan menyenangkan untuk semua.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter