Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Bunker Kaliadem, Saksi Bisu Erupsi Merapi yang Menyimpan Pesona Alam

Bunker Kaliadem, Saksi Bisu Erupsi Merapi yang Menyimpan Pesona Alam
Bunker Kaliadem, Saksi Bisu Erupsi Merapi yang Menyimpan Pesona Alam


SwaraWarta.co.id - Hai kamu yang suka jalan-jalan! Pernah dengar tentang Bunker Kaliadem di Yogyakarta? Tempat ini bener-bener unik dan penuh cerita lho!

Keunikan Bunker Kaliadem

Jadi begini, Bunker Kaliadem itu kayak tempat berlindung gitu, yang lokasinya di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Kaliadem. 

Di sekitar bunker, kamu bakal bisa lihat keindahan Gunung Merapi dari dekat, hutan pinus, dan pemandangan keren lainnya.

Sejarah Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem dibangun buat jadi tempat perlindungan buat warga sekitar Gunung Merapi. Bunker ini dibangun tahun 2001 dan diresmikan empat tahun setelahnya. 

Awalnya, bunker ini jadi tempat perkemahan dan objek wisata sebelum akhirnya kena imbas dari letusan Gunung Merapi.

Bunker ini ada di selatang lereng Gunung Merapi, persis di atas rumah Mbah Maridjan. Beliau tuh dikenal sebagai juru kunci abadi Gunung Merapi, yang selalu setia menjaga gunung itu sampai beliau meninggal.

Tragedi Bunker Kaliadem Tahun 2006

Bunker Kaliadem juga jadi saksi erupsi Gunung Merapi yang gede banget tahun 2006. Waktu itu, bunker yang berukuran 3x12 meter ini masih jadi tempat perlindungan waktu gunung meletus. 

Tapi sayangnya, dua relawan tewas di dalam bunker karena gagal nutup pintu waktu letusan.

Terus, pada letusan tahun 2010, Bunker Kaliadem tertutup material vulkanik sekitar 4 meter. Tim gabungan butuh 54 jam buat nggali dan nemuin kembali bunker ini. 

Setelah berbagai peristiwa, kondisi Bunker Kaliadem sekarang udah kembali normal dan jadi destinasi wisata keren.

Serunya Liburan di Bunker Kaliadem

Nah, ada banyak hal seru yang bisa kamu lakuin di Bunker Kaliadem. Ini dia beberapa di antaranya:

1. Bunker Tour

Daya tarik utama Bunker Kaliadem pastinya eksplorasi ke dalam bangunannya. Kamu bisa masuk ke dalam bunker dan lihat langsung kondisi ruangannya yang luasnya 12x8 meter. 

Di depan pintu masuk, kamu bakal nemuin bekas erupsi kayak material vulkanik yang udah mengeras setebal 15 sentimeter.

Ketika masuk ke dalam, kamu bisa lihat sisa-sisa material Gunung Merapi, seperti batu dan pasir. Selain ngeliat kondisi bunker, pastinya kamu bisa abadikan momen seru dengan foto-foto di depan bunker.

2. Indahnya Gunung Merapi dari Dekat

Di Bunker Kaliadem, kamu bisa nikmatin keindahan Gunung Merapi cuma dari jarak 5 kilometer aja. Pihak pengelola udah sediain tempat duduk yang langsung menghadap Gunung Merapi. Kalo lagi cuaca bagus, pasti pengalaman ini nggak akan terlupakan!

3. Jeep Tour

Nah, buat sampe ke Bunker Kaliadem, jalannya cukup terjal. Makanya, kamu bisa sewa mobil jeep buat nyamanin perjalanan dari Desa Kinahrejo ke lokasi bunker. 

Di perjalanan, kamu bakal merasakan sensasi seru pas nyetir jeep lewat jalan sempit yang berbatu dan berpasir. Siap-siap aja buat sesekali ngelewatin hambatan yang bikin seru perjalanan kamu.

4. Hutan Pinus

Perjalanan ke bunker pake jeep bakal lebih seru lagi kalo melewatin hutan pinus. Di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut, udaranya seger banget di hutan ini. Aromanya getah pinus juga bikin pikiran kamu lebih rileks dan nyaman.

5. Hunting Foto yang Instagramable

Banyak spot foto keren di sekitar Bunker Kaliadem. Gak cuma di sekitar bunker, tapi di banyak tempat lainnya juga. Pengunjung suka banget foto-foto dengan latar belakang Gunung Merapi yang super dekat. Foto-foto yang dihasilkan pasti memukau!

Lokasi dan Rute Menuju Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem ada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kalo dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 30 kilometer dan bisa ditempuh sekitar 1 jam naik motor.

Jalannya ada yang sempit, jadi lebih baik naik motor aja. Rutenya dari Jogja, lewat Jalan AM Sangaji, terus ke Jalan Monjali, ambil arah ke Jalan Kaliurang. 

Terus lurus aja sampai ketemu lampu lalu lintas di kawasan Pakem. Nah, dari situ udah deket banget sama lokasi, tinggal ikutin petunjuk yang udah disediain.

Harga Tiket Masuk Bunker Kaliadem

Harganya juga ramah di kantong, kok. Tiket masuknya cuma Rp10.000 aja per orang. Dengan harga segini, kamu udah bisa keliling-keliling area bunker dan sekitarnya.

Kalo bawa kendaraan bermotor, biaya parkir yang harus dikeluarin tergantung jenis kendaraan. Kalo bawa mobil, tarif parkirnya Rp10.000, kalo motor cuma Rp5.000.

Jadi, kapan nih rencanain liburan seru kamu ke Bunker Kaliadem? Semoga bisa jadi pilihan yang seru buat liburan keluarga kamu! Selamat berlibur!



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter