Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Butuh Healing Seru Bersama Besti? Yuk Intip Pesona Gunung Rinjani yang Kerap jadi Tujuan Pendakian

 

Objek wisata gunung Rinjani kerap memukau pendaki
Gunung Rinjani tawarkan keindahan alami yang cocok dijadikan tujuan pendakian
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Gunung Rinjani adalah salah satu gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Gunung Rinjani dikenal karena keindahan yang menakjubkan, banyak wisatawan yang memilih untuk berkunjung ke sana pada saat liburan.

Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia dan menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para pengunjung.

Daya Tarik Gunung Rinjani yang Cocok untuk Mendan Mendaki

Gunung Rinjani memang sering dijadikan sebagai tujuan pendakian oleh sejumlah orang. Berikut beberapa daya tarik dari Gunung Rinjani:

1. Padang Savana Sembalun Lawang

Daya tarik pertama dari Gunung Rinjani adalah Padang Savana Sembalun Lawang. Jalur pendakian Sembalun Lawang sangat cocok bagi para pendaki pemula. 

Di titik awal jalur pendakian ini, para pendaki memulai pendakian dari Savana Sembalun Lawang.

2. Plawangan Sembalun dan Keindahan Sunset

Plawangan Sembalun adalah tempat bermalam yang banyak digunakan para pendaki Gunung Rinjani. Lokasinya yang luas dan landai membuat tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk mendirikan tenda.

Terlebih lagi karena tempat ini langsung menghadap ke Segara Anak. Keindahan matahari terbenam di sana juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

3. Segara Anak

Segara Anak di Gunung Rinjani bisa diibaratkan sebagai Ranu Kumbolo-nya Semeru. Danau ini terkenal dengan keindahannya yang mendunia dan menjadi incaran para wisatawan di seluruh dunia.

Tak jarang pula banyak pengunjung yang rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk dapat bermalam di sana dan menikmati keindahan alam.

4. Gunung Batu Jari

Gunung Batu Jari adalah salah satu pesona Gunung Rinjani yang terkenal. Gunung ini juga sering disebut sebagai Anak Gunung Rinjani. 

Terletak di kaldera sebelah timur kawasan wisata, Gunung Batu Jari terbentuk pada tahun 1944 dan memiliki lebar kawah sekitar 170 m dan panjang 200 m. Ketinggiannya mencapai 2,296 hingga 2,376 mdpl.

5. Puncak Rinjani

Pemandangan indah di puncak gunung selalu menjadi daya tarik bagi pencinta alam dan para pendaki gunung. 

Dalam Gunung Rinjani, puncak tersebut disebut sebagai Puncak Rinjani atau dikenal juga dengan Puncak Anjani oleh penduduk setempat. Sensasi yang dirasakan oleh setiap pengunjung berbeda-beda tergantung pada sudut pandang masing-masing.

Gimana? Sudah ada gambaran untuk melakukan aktivitas pendakian di Gunung Rinjani?



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter