Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Gereja Regina Belitung Tidak Pasang Pohon Natal Sebagai Bentuk Solidaritas dengan Palestina


Gereja Regina Bangka Belitung tidak pasang pohon natal
Potret ibadah natal di gereja Regina Belitung yang dilakukan tanpa pasang pohon natal
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id
- Gereja Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memilih untuk tidak memasang hiasan pohon Natal

Tidak adanya pohon natal di sekitar gereja sebagai wujud solidaritas terhadap warga Gaza, Palestina. 

"Tahun ini kami tidak membangun hiasan pohon Natal besar sebagai bentuk kepedulian dan bela rasa terhadap warga Gaza, Palestina," kata Sekretaris Pipa Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan Yohannes Djohan Wijaya, di Tanjung Pandan, Minggu (24/12).

Meskipun demikian, pihak gereja tetap merayakan Natal dengan menyiapkan dekorasi di dalam ruangan gereja. 

Natal tahun ini dirayakan secara sederhana dan dengan penuh perhatian terhadap perasaan warga Palestina yang terkena dampak konflik Israel-Hamas.

Djohan menambahkan, konflik Israel-Hamas yang masih berlangsung hingga saat ini berdampak pada perayaan Natal di Kota Betlehem di Tepi Barat Palestina

Kota tersebut merupakan tempat kelahiran Yesus, namun perayaannya menjadi hening dan tidak meriah seperti sebelumnya. 

"Karena dampak peperangan, di sana (Betlehem) tidak ada perayaan Natal tahun ini. Suasana menjadi hening dan senyap," ujarnya.

Oleh karena itu, Djohan berharap agar perayaan Natal pada tahun 2023 dapat membawa pesan perdamaian bagi warga Palestina dan negara-negara lain yang sedang berkonflik, seperti Rusia dan Ukraina.

"Kami turut mendoakan di sini, lewat perayaan Natal tahun ini semoga perdamaian bisa terwujud, kami tidak ada aksi spesial untuk itu, namun sebagai umat Katolik kami ikut mendoakan, semoga segera terwujud perdamaian dan tidak ada lagi perang di sana," katanya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter