Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Goa Kreo, Tempat Wisata Sejarah dengan Pemandangan Waduk Jatibarang yang Memukau

Goa Kreo, Tempat Wisata Sejarah dengan Pemandangan Waduk Jatibarang yang Memukau
Goa Kreo, Tempat Wisata Sejarah dengan Pemandangan Waduk Jatibarang yang Memukau


SwaraWarta.co.id - Apakah kamu pernah mendengar tentang Gua Kreo? Objek wisata yang terkenal di Semarang ini menawarkan kombinasi destinasi liburan bersejarah dan kekinian yang tidak bisa diabaikan. 

Gua Kreo, yang konon merupakan tempat singgah Sunan Kalijaga, salah satu dari Wali Songo, tidak hanya menyimpan nilai sejarah tetapi juga menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Sejarah Unik Gua Kreo

Gua Kreo Semarang tidak hanya memanjakan mata dengan keindahan alamnya tetapi juga memiliki kisah sejarah yang menarik. 

Ceritanya dimulai ketika Sunan Kalijaga sedang mencari kayu jati untuk keperluan pembangunan Masjid Demak. 

Namun, perjalanan tersebut tidaklah mudah, karena pohon jati yang akan digunakan tiba-tiba berpindah dan menghilang.

Dalam usahanya yang penuh kesulitan, Sunan Kalijaga akhirnya menemukan pohon jati tersebut. Untuk memudahkan proses pemotongan, beliau melilitkan selendang pada pohon tersebut. 

Namun, setelah berhasil, masalah baru muncul ketika batang kayu tersangkut di antara bebatuan tebing.

Beristirahat sejenak, Sunan Kalijaga kemudian bertafakur (bertapa). Kejutan datang ketika empat kera ekor panjang muncul. 

Keempat kera dengan warna tubuh yang berbeda membantu Sunan Kalijaga memindahkan batang kayu.

Setelah berhasil, Sunan Kalijaga bersyukur dan memberi nama kawanan kera itu "ngreho," yang berarti "rawatlah" dalam bahasa Jawa.

Kisah ini menjadi asal muasal penamaan Gua Kreo, dan kawanan kera tersebut diamanahkan untuk menjaga hutan kayu jati. 

Sejak saat itu, Gua Kreo menjadi saksi bisu dari kisah menarik Sunan Kalijaga.

Lokasi dan Jam Operasional Gua Kreo

Gua Kreo terletak di kawasan waduk Jatibarang, di Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Gn. Pati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. 

Akses ke tempat ini lebih nyaman dengan kendaraan pribadi, karena tidak terdapat angkutan umum yang langsung menuju ke lokasi.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi. Jam operasional yang fleksibel memungkinkan pengunjung menikmati keindahan Gua Kreo pada berbagai waktu.

Spot Wisata Menarik di Gua Kreo

Gua Kreo tidak hanya menawarkan panorama alam yang menakjubkan, tetapi juga spot-spot menarik untuk berfoto. 

Dengan biaya tiket yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati pesona Gua Kreo dan berfoto di beberapa spot menarik berikut:

1. Spot Foto di Jembatan

Para pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga dan melintasi jembatan untuk sampai ke Gua Kreo. 

Jembatan yang kokoh dan eksotis ini tidak hanya berfungsi sebagai penghubung, tetapi juga sebagai spot foto yang menarik.

2. Spot Foto di Atas Awan

Spot foto ini terdiri dari kumpulan kapas yang disusun menyerupai awan. Meskipun sederhana, dengan pengambilan gambar yang kreatif, kamu dapat menciptakan efek seolah-olah berada di negeri di atas awan.

3. Spot Foto Ala Korea

Pengunjung dapat mengeksplorasi spot foto dengan tema ala Korea. Dengan latar belakang bunga sakura dan pemandangan waduk, kamu dapat menyewa pakaian tradisional Korea (hanbok) untuk pengalaman yang lebih mendalam.

4. Spot Foto Rumah Eskimo

Gua Kreo menawarkan spot foto bertema rumah eskimo yang unik. Dengan latar belakang waduk Jatibarang yang luas, spot ini menciptakan kesan yang serasi dengan tema yang diusung.

5. Menikmati Sunset

Menikmati matahari terbenam di Gua Kreo memberikan pengalaman yang luar biasa. Dengan pemandangan yang menakjubkan dari atas, kamu dapat menciptakan momen indah sebelum pulang.

Fasilitas di Gua Kreo Semarang

Agar pengunjung merasa nyaman selama berada di Gua Kreo, pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas penunjang, termasuk:

- Toilet bersih

- Musala yang bersih

- Tempat parkir

- Gazebo

Tips Berkunjung ke Gua Kreo

1. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman, terutama jika berencana untuk menjelajahi sekitar Gua Kreo.

2. Bawa Air Minum: Jangan lupa membawa air minum, terutama jika berkunjung pada cuaca yang panas. Menjaga kecukupan cairan selama perjalanan sangat penting.

3. Gunakan Tabir Surya: Jika berencana untuk berada di luar dalam waktu yang lama, gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Bawa Kamera atau Smartphone: Pastikan untuk membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen-momen berharga selama di Gua Kreo.

5. Ikuti Aturan yang Berlaku: Patuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola Gua Kreo untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Dengan segala keindahan alam dan sejarah yang ditawarkan, Gua Kreo Semarang adalah destinasi wisata yang sempurna untuk keluarga atau teman-teman. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keajaiban alam dan menciptakan kenangan tak terlupakan di Gua Kreo!



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter