Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jelang Debat Capres dan Cawapres, KPU Berjanji akan Menghadirkan 3 Tempat Nobar

Jelang Debat Capres dan Cawapres, KPU Berjanji akan Menghadirkan 3 Tempat Nobar
Jelang Debat Capres dan Cawapres, KPU Berjanji akan Menghadirkan 3 Tempat Nobar.


SwaraWarta.co.id - Debat antara calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) bakal segera bergulir di Jakarta pada tanggal 12 Desember 2023 mendatang.

Dalam upaya menciptakan antusiasme yang memuncak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjanji akan menghadirkan tiga tempat nonton bareng (nobar) untuk para penonton setia.

Menurut August Mellaz, anggota KPU RI, "Kami sedang merancang titik nobar di tiga lokasi berbeda, konsep ini sedang dalam tahap pembicaraan."

Sayangnya, detail mengenai lokasi nobar masih dirahasiakan olehnya. Meski begitu, ia menegaskan bahwa tujuan diadakannya nobar adalah untuk mencegah kerumunan yang terlalu terfokus di area Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

Tak hanya itu, saat debat berlangsung, Kantor KPU akan dijaga ketat dan steril. KPU berkomitmen untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk keamanan, serta mengatur area parkir untuk tamu VIP.

"Kami akan memastikan agar debat perdana berjalan lancar dan tertib," ujarnya seperti yang dilansir dari ANTARA.

Lebih lanjut, August menjelaskan bahwa tempat debat dengan model townhall di halaman KPU dapat menampung hingga 800 orang.

Namun, setiap pasangan calon hanya diizinkan membawa maksimal 75 orang, sehingga total kapasitas mencapai 225 orang. 

Sementara sisanya akan diperuntukkan bagi tamu undangan KPU, termasuk perwakilan dari kementerian, lembaga, duta besar, dan undangan lainnya.

KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024, yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024, mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Empat debat pertama dijadwalkan pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, serta 7 dan 21 Januari 2024. Sementara debat terakhir bakal memeriahkan tanggal 4 Februari 2024. 

Semua acara debat capres-cawapres ini akan diselenggarakan di Jakarta.

Untuk menambah keseruan, debat akan mempertemukan calon presiden dan wakil presiden dalam lima kesempatan.

Tema debat pertama mencakup pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Sementara tema debat kedua akan merambah pada isu-isu ekonomi, seperti ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, hingga perkotaan.

Dengan segala persiapan dan antusiasme yang dibangun, debat capres-cawapres diharapkan menjadi panggung demokrasi yang menyajikan wacana dan gagasan yang inspiratif bagi masyarakat Indonesia.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter