Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Kapasitas Penuh, Mahfud MD Upayakan Mencari Lokasi Baru untuk Pengungsi Rohingya

 

Mahfud MD Cari Lokasi Baru untuk Pengungsi Rohingya
Mahfud MD Cari Lokasi Baru untuk Para Pengungsi Rohingya-SwaraWarta.co.id (Sumber: tuturpedia)



SwaraWarta.co.id - Permasalah baru muncul di lokasi penampungan pengungsi Rohingya yakni kapasitas penuh, Mahfud MD buka suara.

Mahfud MD menyebutkan bahwa lokasi penampungan yang penuh membutuhkan penanganan dengan segera.

Karena hal itulah Mahfud mencoba memikirkan solusinya, yakni menyiapkan tempat baru bagi para pengungsi Rohingya tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ini, sedang berusaha menemukan lokasi baru bagi pengungsi Rohingya, mengingat kapasitas tempat penampungan saat ini dianggap sudah tidak mencukupi lagi.

"Kami sedang mencari jalan untuk nanti dicarikan tempat penampungan, karena yang ada sudah tidak muat," ujar Mahfud sebagai bentuk kepeduliaannya terhadap nasib para pengungsi Rohingya.

Mahfud dalam hal ini bersungguh-sungguh untuk menemukan lokasi baru, karena tempat yang ada memang sudah tidak memadai.

Mahfud mengatakan hal tersebut seusai menghadiri rapat di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, pada hari Rabu (06/12), kemarin.

Mahfud sendiri telah memerintahkan kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk melakukan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkompinda Provinsi Aceh, Sumatera Utara, dan Riau untuk membahas soal rencana pemindahan lokasi para pengungsi Rohingya.

Dalam rapat tersebut, beberapa pihak mengusulkan beberapa lokasi sebagai tempat pengungsian sementara, tetapi keputusan masih tertunda.

Mahfud menegaskan bahwa dalam waktu dekat, langkah akan diambil untuk menempatkan pengungsi Rohingya di lokasi baru demi menghindari penumpukan warga.

Mahfud MD menegaskan bahwa upaya tersebut dilakukan semata-mata atas dasar rasa kemanusiaan.

"Jadi, Rohingya itu pada prinsipnya, kami menganut diplomasi kemanusiaan karena sifatnya kemanusiaan, maka kami sedang mencari jalan," ujar Mahfud kembali menegaskan.

Pada Senin (4/12), Presiden Joko Widodo memerintahkan Mahfud MD untuk menangani masalah pengungsi Rohingya di wilayah Indonesia, dengan melibatkan pemerintah daerah juga dari pihal luar yakni UNHCR.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Aceh telah berkoordinasi dengan UNHCR terkait penanganan imigran Rohingya yang tiba di Pulau Weh, Kota Sabang.

Pemerintah Provinsi Aceh, bersama Kemenkopolhukam dan Kemenkumham, tengah berkoordinasi secara intensif untuk mencari solusi penanganan terhadap imigran Rohingya yang saat ini ditampung di beberapa lokasi di Aceh.

Sampai saat ini, upaya pencarian lokasi yang tepat masih dilakukan staff-staff di bawah kepemimpinan Mahfud MD.****


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter