Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Kasus COVID 19 Kembali Naik, Satgas Himbau Masyarakat Kembali Gunakan Masker


Satgas himbau masyarakat pakai masker lagi
Satgas himbau masyarakat untuk kembali menggunakan masker mengingat kasus COVID 19 yang terus melonjak.
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id
- Erlina Burhan merupakan Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

Erlina memberikan himbauan kepada masyarakat untuk kembali taat mematuhi protokol kesehatan Covid-19 terutama dengan memakai masker

Erlina mengatakan bahwa upaya preventif ini sangat penting dilakukan mengingat kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mulai menunjukkan tren kenaikan kasus. 

Terdapat catatan bahwa kumulatif mingguan selama Oktober dan November terjadi kenaikan dua kali lipat dalam jumlah kasus.

"Kami dari PB IDI mengimbau masyarakat sebagaimana pesan tadi, mulai lah kembali memakai masker," kata Erlina dalam acara daring, Rabu (6/12).

Dirinya juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sudah cukup pintar karena telah ditempa oleh pandemi selama lebih dari dua tahun. 

Salah satu hal penting yang dapat membuat kasus Covid-19 turun secara signifikan adalah partisipasi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

PB IDI akan berusaha untuk mengirimkan surat ke pemerintah daerah agar kebijakan memakai masker menjadi perhatian khusus atau imbauan khusus kepada masyarakat. 

"Kalau bisa kita bersurat ke instansi atau pemerintah daerah, pemda untuk kembali mengimbau masyarakat, dan juga minta ke teman-teman media untuk membantu mengimbau masyarakat untuk kembali memakai masker," sambung Erlina masih dalam acara yang sama.  

Telah dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan bahwa terjadi tren kenaikan kembali kasus virus corona di Indonesia yang diduga disebabkan oleh varian baru Eris atau EG.5 dan EG.2.

Hal ini dipengaruhi oleh tren pemeriksaan yang dilakukan menyusul kasus mycoplasma pneumoniae yang dilaporkan telah masuk ke Indonesia. 

Menurut informasi yang telah diungkapkan di situs Infeksi Emerging, selama bulan November, kasus Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan.

Terjadi kenaikan hingga 58,9 persen bila dibandingkan dengan awal bulan Oktober.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter