Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mengulik Hidangan Kuliner Pecel Rawon Khas Banyuwangi

Mengulik Hidangan Kuliner Pecel Rawon Khas Banyuwangi
Mengulik Hidangan Kuliner Pecel Rawon Khas Banyuwangi.


SwaraWarta.co.id - Pecel Rawon adalah hidangan khas Banyuwangi yang memikat lidah dengan perpaduan cita rasa yang unik dan lezat.

Kedua hidangan ini, pecel dan rawon, memiliki sejarah panjang dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner tradisional Jawa Timur.

Pecel, adalah hidangan salad sayur yang disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rasa. Di Banyuwangi, pecel tidak hanya sekadar sayuran, melainkan diberi sentuhan khas yang membuatnya berbeda.

Variasi sayuran yang digunakan mencakup kacang panjang, kecambah, tauge, daun singkong, dan sayuran hijau lainnya. Semua bahan disiram dengan kuah bumbu kacang yang pekat dan gurih.

Rawon, di sisi lain, adalah hidangan sup daging hitam khas Jawa Timur. 

Daging sapi yang dimasak dalam kuah rawon mendapat warna hitam khas dari kluwek, sejenis buah yang tumbuh di daerah tropis. Kuah rawon memiliki cita rasa yang khas, lezat, dan menggugah selera.

Pecel Rawon Banyuwangi menggabungkan kelezatan pecel dan rawon dalam satu sajian yang memukau.

Bumbu kacang pekat dari pecel dipadukan dengan kuah rawon yang gurih, menciptakan harmoni rasa yang tak terlupakan. Potongan daging sapi yang lembut dan sayuran segar menjadi pelengkap sempurna.

Keunikan Pecel Rawon tidak hanya terletak pada cita rasa, tetapi juga dalam cara penyajiannya.

 Hidangan ini biasanya disajikan dengan lontong atau nasi empal, sehingga menciptakan kombinasi yang memuaskan antara tekstur lembut dan kenyal.

Tak hanya enak, Pecel Rawon juga memiliki nilai historis yang mendalam. Hidangan ini mencerminkan kekayaan budaya Banyuwangi yang terjalin erat dengan tradisi Jawa Timur.

Di setiap suapan, Anda dapat merasakan sejarah dan kearifan lokal yang turun-temurun terus dijaga.

Bagi pecinta kuliner petualang, mencoba Pecel Rawon khas Banyuwangi adalah pengalaman yang tak boleh terlewatkan.

Kombinasi unik antara pecel dan rawon dalam satu sajian menjadikan hidangan ini sebagai salah satu ikon kuliner yang memikat selera di tanah Jawa Timur.

Dengan kelezatan yang tak tertandingi dan cerita di setiap suapannya, Pecel Rawon Banyuwangi adalah jawaban bagi mereka yang mencari pengalaman kuliner yang autentik dan tak terlupakan.

Selain kenikmatan rasa yang tak terbantahkan, Pecel Rawon Banyuwangi juga menjadi sarana untuk merajut kebersamaan dan keharmonisan di tengah masyarakat.

Hidangan ini seringkali menjadi pilihan utama saat acara keluarga, pertemuan teman, atau perayaan khusus. 

Setiap suapan Pecel Rawon membawa bersama cerita-cerita kebahagiaan dan kehangatan keluarga.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter