Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Menikmati Keindahan Alam Curug Orok di Garut

Curug Orok
Curug Orok Garut-SwaraWarta.co.id (Sumber: InfoGarut.id)


SwaraWarta.co.id - Garut tak pernah kehabisan tempat wisata alamnya yang sangat rekomendasi untuk dikunjungi, salah satunya Curug Orok.

Curug Orok atau dalam bahasa Indonesia artinya air terjun bayi merupakan tempat wisata alam perbukitan yang hijau dengan udara yang sejuk.

Air terjun Curug Orok terletak di sisi selatan Kota Garut dengan keindahan alamnya yang memukau.

Untuk lokasinya sangat mudah diakses dari pusat kota Garut, ditambah dengan kondisi jalannya yang bagus.

Menurut sejarahnya, di balik derasnya air terjun, tersimpan kisah tragis yang menyentuh hati.

Bila hendak menuju ke Curug Orok, perjalanan bisa menuju ke kawasan Cikajang sekitar 25 kilometer ke arah selatan melalui akses jalan yang ada.

Perjalanan akan membawa pengunjung ke Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, di mana pesona alam Curug Orok dapat dinikmati.

Perjalanan menuju Curug Orok memanjakan mata dengan udara sejuk dan pemandangan menakjubkan di antara kemegahan Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray.

Lahan-lahan pertanian buah dan sayuran di kanan dan kiri jalan terpelihara dengan baik, menciptakan panorama yang memukau.

Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray menjulang di kejauhan, mempercantik langit biru.

Setibanya di pertigaan Cikandang, kendaraan berbelok kanan menuju Perkebunan Nusantara VIII Papandayan. Melewati hamparan perkebunan teh yang indah, lalu akan sampai di gerbang Curug Orok, hanya sekitar 300 meter dari jalan utama.

Untuk menikmati keindahan Curug Orok, pengunjung perlu membayar tarif masuk sebesar 10.000 rupiah per orang, sementara kendaraan dapat diparkir dengan tarif normal di beberapa lokasi parkir yang tersedia.

Terletak di lembah, Curug Orok menggoda dengan gemuruh air yang tercurah dari ketinggian.

Setelah menuruni anak tangga yang teratur, pengunjung akhirnya akan tiba di lokasi yang menakjubkan. Keindahan air terjun setinggi 40 meter ini semakin terungkap, dengan air terjun kecil di sekelilingnya menambah pesonanya seperti miniatur taman air terjun.

Air deras terhempas di atas batu-batu, mengalir menuju sungai, sementara butiran airnya menyegarkan udara di sekitarnya.

Dikelilingi oleh tebing yang hijau dengan berbagai tanaman dan sinar mentari yang memantul di atas riak air sungai, pemandangan di sekitar Curug Orok sungguh memukau.

Pelangi-pelangi kecil samar-samar muncul di atas air, menambah pesona alam ini. Para pengunjung akan menikmati suasana, duduk di tepi air terjun atau di beberapa gazebo yang tersedia.

Beberapa pengunjung asyik bermain di genangan air atau berfoto di atas batu-batu besar dengan latar belakang air terjun.

Meskipun nama air terjun ini, "Orok," terkait dengan kisah tragis bayi yang terbuang, keindahannya sangat bertolak belakang. Para pengunjung berharap nama tersebut bisa diganti dengan yang lebih mencerminkan pesona alamnya.

Setelah menikmati keindahan air terjun, para pengunjung bisa meniti puluhan anak tangga menuju ke atas, melelahkan tapi terbayar dengan pemandangan indah di sekelilingnya.

Setelah sampai di atas, ada tempat istirahat yang nyaman dengan penjual aneka makanan ringan.

Setelah beristirahat sebentar, para pengunjung bisa melanjutkan petualangan dengan berjalan-jalan di perkebunan teh yang luas sambil menikmati udara segar.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter