Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pemerintah Terus Berupaya Mencari Solusi Jalan Keluar dari Masalah Rohingya

Pemerintah Terus Berupaya Mencari Solusi Jalan Keluar dari Masalah Rohingya
Pemerintah Terus Berupaya Mencari Solusi Jalan Keluar dari Masalah Rohingya.


SwaraWarta.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Moh Mahfud MD, mengemukakan bahwa Pemerintah Indonesia tengah menghadapi tantangan dalam menangani situasi ribuan pengungsi Rohingya yang memasuki wilayah Indonesia melalui Provinsi Aceh.

Saat ini, jumlah mereka mencapai 1.478 orang, dan masyarakat lokal di Aceh, Sumatera Utara, dan Riau mulai merasa terbebani, merentangkan pertanyaan, "Kami juga miskin, mengapa mereka terus ditampung tanpa biaya?"

Dalam upayanya mencari solusi, Mahfud menegaskan bahwa pihaknya akan berusaha untuk menangani kebutuhan domestik dan kemanusiaan agar dapat berjalan dengan lancar.

Dia juga menegaskan bahwa Indonesia tidak terikat oleh konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Pengungsi, sehingga tidak terikat pada Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR). Oleh karena itu, bantuan kepada pengungsi Rohingya disalurkan atas dasar kemanusiaan.

Menurut Mahfud, negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Australia sudah tidak dapat menerima lagi pengungsi Rohingya.

Awalnya, pengungsi tersebut hanya menjadikan Indonesia sebagai tempat transit, tetapi seiring waktu, Indonesia menjadi tujuan pengungsian. "Mereka datang ke Indonesia dengan maksud transit, tapi akhirnya berhenti di sini dan enggan pergi lagi," ungkap Mahfud.

Pada Senin (4/12/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Mahfud MD untuk menangani masalah pengungsi Rohingya, melibatkan pemerintah daerah dan UNHCR.

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, membuka opsi untuk menampung pengungsi Rohingya di Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Ma'ruf menekankan bahwa isu pengungsi Rohingya adalah masalah kemanusiaan yang harus diselesaikan bersama-sama oleh semua pihak yang terlibat.

"Penempatannya di mana? Dulu kita punya Pulau Galang, nanti kita bahas lagi apakah akan seperti itu," ujar Ma'ruf Amin di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Ia mencatat bahwa gelombang pengungsi Rohingya menimbulkan penolakan dari masyarakat di Aceh, Riau, dan Medan. 

Ma'ruf Amin menegaskan bahwa masalah pengungsi Rohingya sedang dibahas secara intensif dalam rapat yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter