Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Proses Naturalisasi Nathan Tjoe dan Jay Idzes Memasuki Babak Akhir

Proses Naturalisasi Nathan Tjoe dan Jay Idzes Memasuki Babak Akhir
Proses Naturalisasi Nathan Tjoe dan Jay Idzes Memasuki Babak Akhir.


SwaraWarta.co.id - Proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes memasuki babak akhir. Suara hadir dari Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyampaikan kabar baik melalui media pada Senin (11/12/2023).

Dengan masa depan yang baik, PSSI sekarang hanya menunggu detik-detik yang menjelma dari Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On untuk kembali merajut sepak bola mereka di tanah air.

Seperti melihat dua bintang yang berkilau di langit luar, Jay Idzes, yang kini menyinari lapangan Italia bersama Venezia FC, dan Nathan Tjoe-A-On, yang membela Swansea City di Inggris, akan segera merapat ke pelukan Indonesia.

Sebuah pencapaian luar biasa, sebab proses naturalisasi mereka telah melalui ujian ketat dan mendapat lampu hijau dari Komisi III dan Komisi X DPR RI, serta melenggang mulus di rapat paripurna DPR RI pada 5 Desember 2023.

Tantangan selanjutnya? Menantikan tangan tegas Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang akan menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) melalui Kesekretariatan Negara (Setneg).

Momen ini nantinya akan diikuti oleh pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) dan persembahan pertama KTP serta paspor.

"Saat ini kami memetakan waktu yang dimiliki oleh Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On untuk menyusuri jejak mereka kembali ke Indonesia dan melangkah di atas karpet merah pengambilan sumpah," jelas Arya Sinulingga dengan semangat yang membara.

Arya juga tidak lupa menyampaikan penghargaan kepada DPR RI, Mensesneg, dan Presiden Joko Widodo, yang dengan cepat dan penuh dedikasi mengayuh proses naturalisasi ini.

"Kami mengharapkan agar Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On dapat segera merasakan kehangatan tanah air untuk mempercepat segala proses yang menanti mereka," tambah Arya dengan senyum tulus.

Setelah KTP dan paspor menjadi sahabat setia, Federasi Sepak Bola tempat kedua pemain itu pernah berteduh, KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda), akan diminta untuk mengirimkan surat perpindahan federasi ke FIFA.

Serupa dengan gerak PSSI, surat yang isinya sama akan dikirimkan ke FIFA. Begitu ritual perpindahan selesai, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On akan bersiap meramaikan Timnas Indonesia, menyatukan hati dan bakat untuk prestasi terbaik.

"Sebagaimana Justin Hubner yang telah menyelesaikan segalanya, saat ini kami hanya menantikan surat resmi dari pimpinan federasinya ke FIFA. Surat dari kami sudah mengudara," tutur Arya Sinulingga.

Namun, Arya menyimpan rahasia apakah kedua pemain ini bakal tampil di Piala Asia 2023 atau tidak.

Dalam ketidakpastian yang menggelayuti, sementara tenggat pendaftaran pemain telah berlalu pada Minggu (10/12/2023).

Sebelumnya, PSSI telah menambahkan 50 nama dalam daftar peserta Piala Asia 2023. Seleksi ketat akan membawa 23 pemain pilihan yang akan meramaikan panggung di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024 mendatang.

 

 

 

 

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter