Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

PT. KAI Klaim Penjualan Tiket Meningkat Tajam di Liburan Natal dan Tahun Baru 2024 Ini

Tiket Kereta Diklaim Meningkat di Libur Nataru 2024
KAI Klaim Peningkatan Penjualan Tiket di Libur Nataru 2024-SwaraWarta.co.id (Sumber: VOI)


SwaraWarta.co.id - PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah mengumumkan capaian yang mengesankan dalam penjualan tiket kereta api untuk periode libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Dengan pembelian tiket mencapai 1,5 juta, perusahaan ini berhasil menjual sekitar 40,15 persen dari total 2.846.558 tiket yang disediakan.

Joni Martinus, VP Public Relations KAI, menyampaikan informasi ini melalui berbagai sumber dan akun Instagram resmi @kai121_ pada Jumat, 22 Desember 2023.

Penjualan tiket tersebut terbagi ke dalam berbagai kelas, termasuk eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Kelas eksekutif berhasil mencatat penjualan sebanyak 227.879 tiket, yang setara dengan 40,15 persen dari kapasitas tempat duduk sebanyak 858.510.

Sementara itu, kelas bisnis mencapai 36.149 tiket terjual, mencakup 40,15 persen dari kapasitas 129.908 tempat duduk.

Kelas ekonomi, menjadi pilihan mayoritas penumpang, mencatat penjualan tertinggi dengan 832.027 tiket, yang setara dengan 40,15 persen dari kapasitas 1.871.422 tempat duduk.

Selain statistik penjualan tiket, daftar 10 KA terfavorit selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 juga diumumkan.

KA Airlangga (KA 235 dan KA 236) menjadi yang paling diminati, dengan total 24.686 dan 24.188 tiket terjual untuk relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen dan sebaliknya.

KA Bengawan (KA 246 dan KA 245) menyusul dengan 19.332 dan 19.168 tiket terjual untuk relasi Pasar Senen – Purwosari dan sebaliknya.

Posisi berikutnya diisi oleh KA Kahuripan (KA 237 dan KA 238) serta KA Sri Tanjung (KA 242 dan KA 241), masing-masing dengan jumlah tiket terjual di atas 17.000.

Joni Martinus juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang berencana melakukan perjalanan menggunakan kereta api pada periode Nataru 2024 untuk memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan laman resmi pemesanan tiket kereta lainnya.

Hal ini sejalan dengan kebijakan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi pemesanan tiket dan memastikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi para penumpang.

Dalam konteks perubahan tren perjalanan, terutama selama masa liburan, Joni Martinus juga membagikan tiga alasan mengapa kereta api menjadi pilihan yang menarik selama libur Nataru 2024.

Pertama, ia mencatat bahwa KAI telah melakukan banyak inovasi pada sarana kereta yang dapat dinikmati oleh penumpang.

Beberapa inovasi termasuk penggunaan kereta kelas ekonomi new generation di KA Jayabaya, serta penawaran kereta Suites Class Compartment di KA Argo Semeru dan Bima.

Selain itu, penumpang dapat merasakan kenyamanan dan kemewahan dengan adanya kelas eksekutif dan luxury new generation di KA Argo Dwipangga dan Argo Lawu.

Kedua, Joni menyoroti pilihan harga dan tarif yang bervariasi, menciptakan pengalaman perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran masing-masing penumpang.

Mulai dari kereta kelas ekonomi komersial yang ramah di kantong hingga kereta kelas eksekutif yang menawarkan suasana mewah dan pemandangan panorama.

Hal ini memberikan fleksibilitas kepada penumpang untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan preferensi mereka.

Ketiga, Joni mengingatkan bahwa tiket untuk periode libur Nataru 2024 semakin terbatas.

Alokasi tempat duduk yang terbatas memicu peningkatan permintaan, sehingga penting bagi calon penumpang untuk melakukan pemesanan lebih awal.

Ia juga menyampaikan informasi bahwa penjualan tiket melalui channel eksternal atau mitra penjualan dapat dilakukan hingga maksimal satu jam sebelum keberangkatan, dengan batas waktu pembayaran paling lambat 30 menit setelah transaksi dilakukan.

Dengan demikian, penumpang diingatkan untuk segera memesan tiket mereka agar dapat menikmati perjalanan dengan lebih tenang dan sesuai dengan rencana mereka.

Dengan berbagai inovasi dan pilihan yang ditawarkan oleh KAI, kereta api menjadi alternatif menarik untuk merayakan liburan Natal dan Tahun Baru 2024.

Dengan pelayanan yang ditingkatkan dan ketersediaan tempat duduk yang terbatas, KAI berkomitmen untuk memberikan pengalaman perjalanan yang memuaskan bagi semua penumpangnya.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter