Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Resep Sei Sapi, Daging Asap yang Jadi Makanan Khas NTT dan Populer di Luar Negeri

Resep Sei Sapi, Daging Asap yang Jadi Makanan Khas NTT dan Populer di Luar Negeri
Sei Sapi Khas NTT


SwaraWarta.co.id - Sei Sapi Khas NTT adalah salah satu kuliner khas dari Nusa Tenggara Timur yang sedang populer dan banyak diminati oleh wisatawan. 

Sei Sapi adalah teknik pengolahan daging tradisional yang berasal dari NTT dengan cara diasapi menggunakan kayu kosambi pilihan. 

Dalam teknik pengolahan daging tersebut, daging sei akan diiris secara tipis lebih dulu kemudian dibumbui dengan rempah-rempah, sehingga dengan begitu, bumbunya meresap secara sempurna sampai ke dalam dan menghasilkan rasa yang unik dan enak tentunya.

Proses pengasapannya membutuhkan waktu berjam-jam oleh karena itu kayu yang digunakan adalah kayu kosambi yang tebal, besar, dan kering agar prosesnya menjadi lebih maksimal. 

Selain itu, selama daging diasapi, daging akan ditutupi dengan daun kosambi agar kualitas tekstur dan warnanya tetap terjaga.

Sejarah Sei

Teknik Sei atau teknik pengolahan daging secara tradisional dengan cara diasapi menggunakan kayu Kosambi pilihan tersebut berasal dari suku Mollo yang tinggal di daerah pegunungan Mutis, yang mana lokasi tersebut berjarak 130 kilometer dari kota Kupang. 

Awalnya, Sei khas provinsi NTT menggunakan daging babi hutan untuk bahan utama karena teksturnya padat dan tidak terlalu berlemak.

Kemudian seiring berjalannya waktu, para pendatang di NTT kemudian mulai mengganti daging babi dengan daging sapi agar halal dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Saat ini bahkan ada yang sudah menggunakan daging ayam maupun ikan.

Karena proses memasaknya menggunakan asap, banyak orang menganggap bahwa daging sei sama dengan daging asap lainnya. 

Namun ini adalah anggapan yang keliru sebab Sei Sapi Khas NTT menggunakan kayu kosambi yang dapat membuat daging matang sempurna dan menghemat arang.

Resep Pembuatan Sei Sapi Khas NTT

Berikut adalah resep pembuatan Sei Sapi Khas NTT yang bisa kamu coba di rumah:

Bahan-bahan

Daging sapi bagian has 250 gram

Bawang putih 2 siung

Garam secukupnya

Merica secukupnya

Cara membuat Sei Sapi

Siapkan tungku api terlebih dulu sebelum mulai proses memasak sei sapi, sebab sei sapi tidak dibakar melainkan diasapi. Agar lebih maksimal gunakan kayu kosambi.

Marinasi daging sapi has menggunakan bawang putih yang sudah dicincang sebelumnya. Daging has ini punya tekstur yang lebih empuk dan mudah untuk diolah.

Diamkan daging yang sudah dimarinasi selama 15 sampai 20 menit agar bumbu meresap.

Siapkan tungku untuk proses pengasapan. Jangan fokus pada seberapa besar apinya, tapi lihat asap yang mulai banyak dan juga semakin panas.

Jika asap yang dihasilkan dirasa sudah cukup, masukkan daging ke dalam tungku selama satu jam atau disesuaikan dengan potongan dagingnya. Semakin besar potongannya, maka semakin lama waktunya.

Selain dipotong tipis-tipis, daging sapi juga bisa dipotong dengan utuh (loaf).

Setelah satu jam, siapkan sayur daun pepaya atau daun singkong dan sambal luat.

Itulah Sejarah dan Resep Pembuatan Sei Sapi Khas NTT, selamat mencoba ya!



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter