Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Terungkap! Penyebab Terjadi Ledakan Tungku Smelter di PT ITSS

Penyebab Terjadi Ledakan Tungku Smelter di PT ITSS
Penyebab Terjadi Ledakan Tungku Smelter di PT ITSS.


SwaraWarta.co.id - Tragedi ledakan pada tungku smelter nikel milik PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah.

Kejadian terjadi pada hari Minggu, 24 Desember 2023, ledakan terjadi berasal dari tungku smelter yang sedang ada perbaikan.

Berdasarkan update terbaru, korban tewas meningkat menjadi 13 jiwa, menciptakan kejadian tragis yang semakin mendalam untuk para korban.

"Informasi terbaru yang saya terima menyebutkan bahwa korban tewas telah bertambah menjadi 13 orang, sementara yang lainnya masih berjuang untuk kesembuhan," ungkap Dedy Kurniawan, Kepala Divisi Media Relations PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP)

Dari korban tewas tersebut, sembilan di antaranya adalah pekerja Indonesia, sementara empat lainnya berasal dari negeri tirai bambu, China. 

Kehilangan ini seperti melukai hati industri dan menyadarkan kita akan harga nyawa dalam perjalanan pembangunan.

Dedy menceritakan peristiwa mengerikan ini, di mana 46 orang mengalami luka-luka, sebagian besar disebabkan oleh "terkena uap panas" yang membara.

Para korban luka dilarikan ke berbagai tempat perawatan, menciptakan suasana dramatis yang terus berkembang.

Ketika api sudah berhasil dipadamkan, berbagai otoritas, termasuk kepolisian dan dinas tenaga kerja, bergabung dalam upaya penyelidikan. "Lokasi kejadian kini tengah dijaga ketat, hanya tim investigasi yang diperbolehkan meresapi aura kehancuran di sana," tambah Dedy.

Irjen Pol Agus Nugroho, Kapolda Sulawesi Tengah, bersama Danrem 132 Tadulako, telah tiba di kawasan industri nikel PT IMIP untuk mengecek langsung bagaimana petaka ini bisa terjadi. 

"Proses evakuasi korban telah berjalan, dan pemadaman dilakukan oleh tim Damkar perusahaan serta Damkar pemerintah daerah," ungkapnya.

Kronologi Awal Terjadinya Ledakan pada Tungku Smelter PT ITSS

Penyebab kronologi kejadian ledakan di PT ITSS yang membuat industri nikel ini berguncang. Semua bermula dari perbaikan tungku pengelolaan nikel, yang dijalankan oleh sejumlah pekerja profesional, baik dari Indonesia maupun dari negeri tetangga.

Namun, ketika mereka tengah asyik berusaha membenahi situasi, tungku meledak dan berkobar pada pukul 05.30 WITA. Bayangkan, 59 karyawan yang bekerja di sana tiba-tiba menjadi korban, terjebak dalam suasana yang mencekam.

Pekerja yang berada dekat lokasi kejadian menceritakan momen mengerikan tersebut, Ledakannya sangat keras, kami mendengarnya, tetapi tidak berani mendekat karena sudah ada larangan perusahaan.

PT IMIP sendiri memberikan klarifikasi terbaru terkait kejadian ini. Dedy menjelaskan bahwa tungku smelter yang terbakar diidentifikasi dengan kode "No. 41", yang seharusnya sedang dalam tahap pemeliharaan.

"Saat tungku tersebut sedang tidak beroperasi dan dalam proses perbaikan, terdapat sisa slag atau terak dalam tungku yang keluar, lalu bersentuhan dengan barang-barang yang mudah terbakar di lokasi," paparnya.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter