Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Thomas Doll Puji Wasit Asal dari Jepang

 

Thomas Doll Puji Wasit Asal dari Jepang
 Thomas Doll Puji Wasit Asal dari Jepang. 

SwaraWarta.co.id - Persija Jakarta raih kemenangan yang begitu manis pada penutup akhir tahun 2023.

Mereka berhasil mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan terakhir mereka melawan PSS Sleman di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (16/12/2023) malam, lewat penalti yang dieksekusi dengan gemilang oleh Ondrej Kudela.

Pelatih Persija, Thomas Doll, dengan antusias memberikan pujian pada kinerja wasit Jepang, Futoshi Nakamura, yang memimpin jalannya pertandingan pekan ke-23 tersebut. 

Bukan karena adanya keuntungan "hadiah penalti," tetapi karena Doll menghargai kemampuan Nakamura dalam mengelola pertandingan dengan baik.

Awalnya, pertandingan antara Persija dan PSS Sleman diperkirakan akan berakhir imbang tanpa gol. Namun, Thales melakukan pelanggaran terhadap Marko Simic di area penalti, memaksa Nakamura untuk segera menunjuk titik putih. 

Persija pun berhasil unggul setelah Ondrej Kudela sukses menyarangkan eksekusi penaltinya pada menit injury time, tepatnya pada menit 90+4.

Setelah pertandingan usai, Doll menyatakan telah berbicara dengan Nakamura. Namun, bukan karena "penalti itu" yang menjadi fokusnya, melainkan keinginannya untuk mengapresiasi kinerja yang sangat bagus dari wasit berusia 45 tahun itu.

Doll menegaskan bahwa bukan berarti kinerja wasit lokal salah, tetapi ia melihat bahwa Nakamura mampu memberikan pengarahan yang sangat profesional dan efektif dalam mengendalikan jalannya permainan.

Sebelumnya, Nakamura juga memimpin pertandingan antara Persib Bandung dan Persik Kediri akhir pekan sebelumnya. 

Penalti dalam pertandingan Persija vs PSS Sleman ini merupakan keputusan titik putih kedua yang diberikan oleh Nakamura selama bertugas di Liga 1 Indonesia musim 2023/2024. Keputusan wasit asal Saitama ini dianggap sesuai dengan aturan.

Dalam hal kartu, Persija mendapatkan empat kartu kuning, sementara PSS Sleman hanya dua. Keempat kartu kuning untuk tuan rumah diberikan kepada Oliver Bias, Maciej Gajos, Resky Fandi, dan Sandi Samosir. Sedangkan untuk tim Super Elang Jawa, Nakamura memberikan kartu kuning kepada Elvis Kamsoba dan Bayu Setiawan.

Menariknya, menurut situs resmi Persija Jakarta, saat ini terdapat dua wasit asal Jepang yang ditunjuk oleh PSSI untuk memimpin pertandingan Liga 1. Selain Nakamura, Yusuke Aruki juga bertugas dalam dua pertandingan, yaitu Persita Tangerang vs Persikabo 1973 dan Persis Solo vs Dewa United.

Salah satu hal yang sangat diapresiasi oleh Doll adalah sikap kedua wasit Jepang yang aktif berkomunikasi dengan para pemain. Doll mengamati bahwa sikap profesional Nakamura dalam berbicara dengan pemain menciptakan suasana di mana pemain-pemain juga memberikan penghormatan yang tinggi pada wasit mereka.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter