Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5+ Cara Merawat Baju Rayon Agar Lebih Awet

 

5+ Cara Merawat Baju Rayon Agar Lebih Awet
Cara merawat baju rayon (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Kain rayon memang memiliki berbagai jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu dilakukan cara perawatan yang khusus agar pakaian lebih awet.

Rekomendasi Cara Merawat Baju Berbahan Rayon

Cara merawat baju rayon memang terlihat mudah, padahal perawatan baju ini memerlukan cara khusus, berikut adalah enam cara mudah merawat kain rayon:

1. Cuci Baju dengan Tangan

Mencuci dengan Tangan Kain rayon sebaiknya dicuci dengan tangan agar tidak rusak. Jika tidak tahu jenis kain rayon yang dimiliki, sebaiknya cucilah dengan tangan.

Cucilah dengan cara yang lembut agar kain tidak rusak. Sebab mencuci kain dengan tangan akan membuat kain lebih awet dan tidak mudah rusak.

2. Hindari Menyikat Kain Rayon

Hindari Menyikat Kain Rayon Hindari mencuci kain rayon dengan mesin cuci atau menggunakan sikat, karena bisa merusak serat-serat pada kain rayon. 

Jika ada noda yang susah dihilangkan, cukup kucek dengan tangan sampai bersih. Sebab dengan cara ini, kain akan lebih awet dan nyaman saat digunakan.

3. Hindari Merendam Baju Terlalu Lama

5+ Cara Merawat Baju Rayon Agar Lebih Awet
Cara merawat baju rayon (Dok. Istimewa)


Perhatikan Proses Perendaman Jika ada noda yang sulit dihilangkan, rendam kain rayon dengan air dingin dan tambahkan sedikit detergen selama 20 menit. 

Jangan rendam dengan air panas karena akan merusak kain rayon. Selain itu, hindari merendam kain terlalu lama. Sebab hal ini membuat warna baju pudar.

4. Hindari Menggunakan Pemutih Pakaian 

Jangan Gunakan Pemutih Pakaian Gunakan air yang dicampur dengan baking soda dan sedikit lemon sebagai pengganti pemutih pakaian jika ingin kain rayon kalian tetap awet. 

Namun, jangan gunakan lemon sesering mungkin agar kain rayon kalian tetap tahan lama. Sebab lemon juga dapat merusak kain rayon.

5. Keringkan Baju dengan Cara Manual

Keringkan Secara Manual Jangan gunakan mesin pengering jika kalian ingin kain rayon yang kalian miliki dapat bertahan lama. 

Cara terbaik adalah dengan menjemur secara manual saja. Jangan terkena sinar matahari secara langsung karena bisa membuat kain rayon menjadi pudar dan rapuh.

6. Setrika dengan Suhu Rendah

Setrika Kain dengan Temperatur Rendah Setrika kain rayon dengan temperatur yang rendah saja agar kain rayon tidak rusak. 

Jangan lupa untuk mengangin-anginkan kain sebelum disimpan ke dalam lemari. Hal ini bertujuan agar pakaian kering dengan sempurna, sehingga baju tidak apek.

Itulah beberapa cara merawat baju rayon dengan baik dan benar. Untuk itu, Kamu bisa menerapkannya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter