Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mantan Presiden AS, Donald Trump Terancam Kena Ganti Rugi Sebesar Rp1,3 Triliun

Donald Trump Terancam Kena Ganti Rugi Sebesar Rp1,3 Triliun
Donald Trump Terancam Kena Ganti Rugi Sebesar Rp1,3 Triliun.


SwaraWarta.co.id - Sebuah pengadilan federal di Amerika Serikat baru-baru ini memutuskan untuk memberikan uang ganti rugi sebesar 83,3 juta dolar AS (sekitar Rp1,31 triliun) kepada seorang penulis kolom atas komentar merendahkan yang diucapkan oleh mantan presiden Donald Trump.

Komentar yang mencemarkan nama baik itu dilontarkan oleh Donald Trump saat menjabat sebagai presiden pada tahun 2019. 

Komentar tersebut terkait dengan klaim bahwa Trump melakukan pelecehan seksual terhadap penulis kolom tersebut pada tahun 1990-an.

Donald Trump, yang saat itu berusia 77 tahun dan merupakan calon nominasi presiden dari Partai Republik, menilai keputusan juri sebagai "sangat aneh" dan menyatakan niatnya untuk mengajukan banding.

Penulis kolom yang dimaksud adalah Jean Carroll, yang dalam memoarnya pada tahun 2019 mengklaim bahwa Trump memperkosanya di ruang ganti sebuah pusat perbelanjaan di New York pada pertengahan 1990-an.

Trump membantah tudingan tersebut, mengklaim bahwa Carroll berbohong demi keuntungan penjualan bukunya. Hal ini dilaporkan oleh ANTARA dari Kyodo-OANA.

Pihak Jean Carroll menuntut Trump untuk membayar setidaknya 24 juta dolar AS (sekitar Rp378 miliar) sebagai ganti rugi. Mereka berpendapat bahwa Trump menggunakan posisinya sebagai presiden AS untuk menyerang karakter Carroll.

Pada Jumat, 26 Januari, juri akhirnya mengeluarkan keputusan untuk memberikan kompensasi sebesar 18,3 juta dolar AS (sekitar Rp288 miliar) dan ganti rugi sebesar 65 juta dolar AS (sekitar Rp1 triliun).

Keputusan pengadilan lain pada Mei tahun lalu telah memerintahkan Trump untuk membayar lima juta dolar AS (sekitar Rp78 miliar) dalam gugatan perdata terkait pelecehan seksual terhadap Carroll.

Sementara itu, mantan presiden Trump saat ini tengah menghadapi 91 tuntutan pidana dalam empat kasus yang berbeda, termasuk keterlibatannya dalam kerusuhan di Gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter