Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Novel Sejarah Indonesia yang Best Seller dan Punya Cerita Menakjubkan

 

Gadis Kretek menjadi salah satu novel sejarah Indonesia yang cukup terkenal
Cover novel sejarah Indonesia " Gadis Kretek"
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Novel sejarah Indonesia menjadi salah satu alternatif untuk mempelajari sejumlah cerita di masa lampau. 

Keberadaan novel sejarah Indonesia membuat semua kalangan bisa menikmati terlebih dikemas dengan bahasa yang kekinian. 

Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia yang Punya Kisah Bagus

Terdapat beberapa novel sejarah Indonesia dengan kisah menakjubkan, berikut beberapa diantaranya:

1. Laut Bercerita

Laut Bercerita, karya Leila S. Chudori, adalah novel yang menarik dan menegangkan, yang secara singkat membahas sejarah Indonesia dari masa lalu hingga saat ini. 

Kisah dalam novel ini diinspirasi oleh keluarga penulis, dimana mereka adalah aktivis politik yang terlibat dalam gerakan reformasi. 

Novel ini membawa pembaca pada perjalanan melalui sejarah Indonesia sejak Masa Orde Lama hingga masa reformasi. 

2. Gadis Kretek

Gadis Kretek, karya Ratih Kumala, adalah novel yang mengambil latar belakang pada era 40-an dan konflik antara Jepang dan Indonesia. 

Novel ini bercerita tentang seorang gadis bernama Soe Hok Gie, yang tercatat dalam sejarah sebagai aktivis sosial dan politik. 

Novel ini sangat akurat dalam menggambarkan kondisi dan keadaan ketika Indonesia dikuasai oleh Jepang.

3. Amba

Amba, karya Laksmi Pamuntjak, adalah novel yang menarik dan berisi kisah cinta yang menyentuh hati. 

Novel ini mengambil latar belakang pada masa kejatuhan Pancasila dan Orde Baru, dan mengikuti perjalanan seorang wanita bernama Amba, yang mencari jati dirinya. 

Novel ini sangat akurat dalam menggambarkan kondisi dan keadaan ketika Orde Baru memperketat kebebasan berbicara dan berkumpul.

4. Orang-orang Proyek

Orang-Orang Proyek, karya Pramoedya Ananta Toer, adalah novel yang sangat terkenal dan mengambil latar belakang pada tahun 1820-an hingga 1940-an.

Novel ini mengikuti perjalanan seorang birokrat bernama Minke, yang berjuang untuk keadilan dan menghadapi diskriminasi atas dasar etnisnya. 

Novel ini sangat akurat dalam menggambarkan kondisi dan keadaan ketika berada di bawah kekuasaan Belanda.

5.  Tetralogi Buru

Tetralogi Buru, karya Pramoedya Ananta Toer, adalah novel sejarah yang sangat terkenal di Indonesia. 

Novel ini mengambil latar belakang pada masa kolonial dan mengikuti perjalanan seorang pria bernama Minke dalam mencari jati dirinya. 

Novel ini sangat akurat dalam menggambarkan kondisi dan keadaan ketika Indonesia berjuang untuk kemerdekaannya pada Masa Orde Lama.

Secara keseluruhan, novel-novel ini menawarkan pengalaman yang sangat berharga bagi para pembaca yang ingin mempelajari sejarah Indonesia dengan cara yang menarik.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter