Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Rekomendasi Pesantren Terbaik di Gresik, Terbukti Cetak Lulusan Berprestasi!

 

Rekomendasi Pesantren Terbaik di Gresik, Terbukti Cetak Lulusan Berprestasi!
Pondok pesantren terbaik di Gresik (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Kabupaten Gresik, yang terletak di Provinsi Jawa Timur, dikenal sebagai "Kota Santri" karena banyaknya pesantren yang berdiri kokoh dan menjadi ciri khas di kota ini. 

Pesantren atau pondok pesantren adalah lembaga atau institusi pendidikan islam nonklasikal, yang berfokus pada pengajaran agama islam dan etika kepada santri. 

Sistem pembelajaran di pondok pesantren ini dilakukan melalui perpaduan sistem Salaf (pendekatan yang berorientasi pada al-Quran dan hadis) dan Modern (menyesuaikan kebutuhan zaman).

5 Pesantren Terbaik di Gresik yang Paling Populer 

 Secara umum, pesantren di Gresik dikenal tidak hanya karena kemegahan fasilitas yang dimiliki, tetapi juga karena filosofi sejarah.

1. Mambaus Sholihin 

Pondok Pesantren Mambaus Sholihin terletak di Desa Suci, Manyar, Gresik, dan berdiri sejak tahun 1969.

 Merupakan pondok pesantren yang cukup terkenal di dalam dan luar negeri. Kurikulum yang diajarkan di Mambaus Sholihin mencangkup jenjang pendidikan mulai dari Tingkat Raudhatul Athfal (RA) sampai dengan Perguruan Tinggi (Strata 1).

2.Daruttaqwa 

Pondok Daruttaqwa juga terletak di Desa Suci Manyar Gresik, dan didirikan pada tahun 1987. 

Pondok ini menjadi salah satu pondok pesantren terbesar di Gresik yang menyediakan pendidikan untuk murid usia dini, hingga jenjang sekolah tinggi. 

Selain itu, pengajar di ponpes ini berasal dari para kiai yang telah berpengalaman dan terkenal di wilayah Gresik.

3. Maskumambang 

Pondok Pesantren Maskumambang terletak di Desa Sembunagan Kidul, Dukun, Gresik, dan didirikan pada tahun 1281 H. 

Pesantren ini didirikan sebagai usaha untuk mencetak kader-kader da’i yang luar biasa. Jadi, Maskumambang menjadi pondok pesantren yang dikenal sebagai Basis Da'i di Gresik dan sekitarnya.

4. Pondok Pesantren Qomaruddin 

Pondok Pesantren Qomaruddin terletak di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik, dan didirikan oleh Kiai Qomaruddin pada tahun 1775 Masehi. 

Selain kegiatan pembelajaran sekolah, pondok ini juga terdapat praktek pengabdian pada masyarakat sekitar Gresik.

5. Al Ibrohimi

Al Ibrohimi terletak di Desa Peganden, Manyar, Gresik, dan didirikan pada tahun 1990. Di sini, pembelajaran dilakukan secara klasikal dan non klasikal serta menganut sistem Salafiyah. 

Selain itu, di pondok ini tersedia pengajaran keterampilan dan pendidikan berorganisasi, considervive dengan situasi dan kebutuhan zaman.

Pondok pesantren sangat berperan penting dalam perkembangan kehidupan islam nasional dan internasional. 

Pondok pesantren tidak hanya sekedar lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai basis pengembangan potensi santri agar mampu menjadi bekas taghidul yang handal di masyarakat. 

Gresik, sebagai kota santri, menjadi destinasi wisata ilmiah bagi para pelajar dari dalam dan luar negeri yang ingin memperoleh pendidikan yang berkualitas dengan dasar nilai-nilai islam.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter