Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Riwayat Pendidikan Anies Baswedan: Dari TK hingga S3

Riwayat Pendidikan Anies Baswedan: Dari TK hingga S3
Riwayat Pendidikan Anies Baswedan: Dari TK hingga S3


SwaraWarta.co.id – Bicara soal riwayat pendidikan Anies Baswedan, tentu kalian akan bertanya-tanya mengenai pendidikan yang ia peroleh dari nol kecil hingga ke perguruan.

Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D., adalah seorang akademisi, aktivis, dan politikus Indonesia yang menjabat sebagai Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta periode 2017–2022.

Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969 ini memiliki riwayat pendidikan yang panjang dan gemilang.

Riwayat pendidikan Anies Baswedan

Pendidikan dasar Anies dimulai di TK Masjid Syuhada, Yogyakarta, pada tahun 1975. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di SD Laboratori Yogyakarta pada tahun 1977. 

Di sekolah dasar, Anies aktif berorganisasi dan pernah menjabat sebagai ketua kelas.

Pada tahun 1983, Anies melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Di sekolah menengah pertama, Anies kembali aktif berorganisasi dan terpilih sebagai wakil ketua OSIS. 

Pada tahun 1986, Anies lulus dari SMP Negeri 5 Yogyakarta.

Setelah lulus dari SMP, Anies melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 2 Yogyakarta. 

Di sekolah menengah atas, Anies tetap aktif berorganisasi dan terpilih sebagai wakil ketua OSIS. Pada tahun 1989, Anies lulus dari SMA Negeri 2 Yogyakarta.

Setelah lulus dari SMA, Anies melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Di UGM, Anies mengambil jurusan ilmu ekonomi dan lulus pada tahun 1994.

Pada tahun 1996, Anies mendapatkan beasiswa program magister di University of Maryland, College Park, Amerika Serikat. 

Di University of Maryland, Anies mengambil jurusan international security and economic policy dan lulus pada tahun 2000.

Setelah menyelesaikan pendidikan magisternya, Anies kembali ke Indonesia dan melanjutkan pendidikannya di Northern Illinois University, DeKalb, Amerika Serikat. 

Di Northern Illinois University, Anies mengambil jurusan political science dan lulus pada tahun 2007.

Riwayat pendidikan Anies Baswedan menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang cerdas dan memiliki dedikasi tinggi terhadap pendidikan. 

Pendidikan yang tinggi telah membekali Anies dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni untuk berkarier di berbagai bidang.

Selain pendidikan formal, Anies juga aktif mengikuti berbagai pelatihan dan seminar di dalam dan luar negeri. Ia juga pernah menjadi pembicara di berbagai forum internasional, termasuk di PBB dan Bank Dunia.

Pengalaman pendidikan dan pelatihannya telah menjadikan Anies sebagai sosok yang kompeten dan visioner. Ia memiliki gagasan-gagasan yang inovatif untuk memajukan pendidikan, ekonomi, dan politik di Indonesia.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter