Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Sering Digunakan, Inilah Cara Kerja SEO yang Wajib Diketahui

 

Sering Digunakan, Inilah Cara Kerja SEO yang Wajib Diketahui
Ilustrasi cara kerja SEO (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke sebuah website.

Dengan membantu website tersebut mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada mesin pencari seperti Google. 

Dengan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, peluang untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan akan semakin besar.

Hubungan SEO dengan Google 

Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Banyak orang percaya bahwa Google menjadi mesin pencari tercepat.

Selain itu, Google memiliki keunggulan seperti cepat dan mudah memuat seluruh informasi, sederhana, dan mudah digunakan. 

Itulah mengapa banyak pengguna internet lebih memilih untuk menggunakan Google daripada mesin pencarian lainnya.

Keuntungan yang didapatkan jika sebuah website berada di halaman pertama Google adalah website tersebut akan lebih mudah ditemukan oleh para pengguna internet. 

Situs website yang berada di halaman utama dapat meningkatkan traffic kunjungan website secara organic, yaitu kunjungan yang didapat tanpa membayar. 

Namun, hal ini sulit dilakukan karena strategi SEO selalu berubah dan disesuaikan dengan perubahan algoritma mesin pencari Google.

Cara Kerja SEO yang Wajib Diketahui 

Cara kerja SEO terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari crawling, indexing, processing, calculating relevancy, hingga retrieving result. Berikut penjelasan lengkapnya, yakni:

1. Crawling

Tahap pertama adalah crawling, yaitu proses pengumpulan informasi dari semua halaman website yang terhubung pada situs tersebut oleh perangkat lunak yang disebut dengan crawler. 

2. Indexing

Dalam tahap indexing, informasi yang telah dikumpulkan tersebut akan diidentifikasi dan disimpan pada database milik mesin pencari. 

3. Processing 

Setelah itu, mesin pencari akan memproses permintaan pencarian dari pengguna internet dengan membandingkan keyword yang dimasukkan oleh pengguna dengan halaman website lain yang sudah ter-index sebelumnya pada database mesin pencari. 

4. Calculating Relevansi

Setelah proses tersebut selesai, mesin pencari akan menghitung relevansi dari keyword yang dimasukkan. 

Kemudian, hasil yang paling relevan akan diambil untuk dan ditampilkan pada hasil mesin pencari sesuai dengan peringkat dan topik yang relevan dengan keyword.

Perlu diingat, strategi SEO tidak dapat memberikan hasil yang instan. Dibutuhkan waktu dan ketekunan agar website kamu dapat masuk ke halaman pertama mesin pencari Google. 

Selain itu, strategi SEO juga tidak bisa diamati secara fisik seperti pada iklan-iklan dengan media cetak atau elektronik. 

Dalam mengoptimalkan website, kamu juga perlu memperhatikan kualitas konten yang kamu buat dan publikasikan di website tersebut. 

Konten yang berkualitas tinggi bisa menjadi daya tarik untuk para pengguna internet dan meningkatkan kemungkinan dibagikan ke sosial media. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter