Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

3 Amalan Malam Nuzulul Qur'an yang Dianjurkan, Apa Saja?

3 Amalan Malam Nuzulul Qur'an yang Dianjurkan, Apa Saja?
Amalan malam Nuzulul Qur'an (Dok. Istimewa)


 SwaraWarta.co.id - Malam Nuzulul Quran adalah malam yang istimewa bagi umat Islam, karena pada malam ini terjadi peristiwa turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. 

Peristiwa ini terjadi pada malam ke-17 Ramadhan. Pada malam suci ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan doa dalam rangka meraih pahala.

Amalan Malam Nuzulul Qur'an 

Berikut adalah 3 amalan yang bisa dilakukan untuk mengisi malam Nuzulul Quran:

1. Membaca Al-Quran:

Sebaiknya di malam Nuzulul Quran diisi dengan membaca Al-Quran atau yang disebut tadarus. 

Dalam hadits Rasulullah SAW dikatakan bahwa sebaik-baiknya ibadah umat Islam adalah membaca Al-Quran.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW tentang keutamaan membaca Al-Quran yang diriwayatkan oleh an-Nu'man Ibnu Basyir

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ

Artinya: Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur'an." (HR. al-Baihaqi)

2. Melakukan I'tikaf: 

Selain membaca Al-Quran, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak melakukan i'tikaf di masjid. 

Kegiatan ini adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Amalan ini juga sesuai dengan anjuran kebiasaan Rasulullah beri'tikaf di bulan Ramadhan.

عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَعْتَكِفُ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ فَسَافَرَ سَنَةً فَلَمْ يَعْتَكِفْ فَلَمَّا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ اعْتَكَفَ عِشْرِينَ يَوْمًا

Dari Ubay bin Ka'ab r.a. berkata, "Sesungguhnya Rasulullah s.a.w. beri'tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Pernah selama satu tahun beliau tidak beri'tikaf, lalu pada tahun berikutnya beliau beri'tikaf selama dua puluh hari". (Hadis Hasan, riwayat Abu Dawud: 2107, Ibn Majah: 1760, dan Ahmad: 20317).

3. Melaksanakan Shalat Malam

Shalat malam merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan bagi umat Islam, seperti shalat tahajjud ataupun shalat sunnah lainnya. 

Shalat malam memiliki banyak keutamaan seperti menjadi ciri khas orang shalih dan dapat membanggakan hamba Allah yang melakukannya kepada para malaikat.

Di malam Nuzulul Quran ini, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan doa agar meraih pahala yang berlipat-ganda. 

Semua doa yang dipanjatkan pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Adapun doa yang bisa dipanjatkan di malam Nuzulul Qur'an yaitu:

اللَّهُمَّ نَوِّرْ قُلُوبَنَا بِتِلاوَةِ الْقُرْآن، وَزَيِّنْ أَخْلَاقَنَا بِجَاهِلِ الْقُرْآن، وَحَسِّنْ أَعْمَالَنَا بِذِكْرِ الْقُرْآن، وَنَجِّنَا مِنَ النَّارِ بِكَرَامَةِ الْقُرْآن، وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ بِشَفَاعَةِ الْقُرْآن.

Arab latin: Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur'an, wa hassin a'maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa'til quraan.

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Quran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa'at Al-Quran".

Itulah beberapa amalan yang bisa dilakukannya oleh umat muslim saat malam Nuzulul Qur'an. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter