Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Cara Memperkenalkan Diri saat Interview Fresh Graduate Melalui CV

5 Cara Memperkenalkan Diri saat Interview Fresh Graduate Melalui CV
Cara memperkenalkan diri melalui CV (Dok. Istimewa).


 SwaraWarta.co.id - Jika kamu bingung atau kesulitan untuk menulis deskripsi diri yang baik, tak perlu khawatir. Sebab artikel ini membagikan tips agar Kamu bisa menulis perkenalan diri di CV.

CV menjadi salah satu bagian penting dalam lamaran kerja. Sebab CV memuat beberapa informasi penting mulai dari riwayat pendidikan, riwayat organisasi dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, CV juga mempengaruhi penilaian HRD pada pekerja. Oleh karena itu, usahakan untuk membuat CV semenarik mungkin.

Tidak hanya itu saja, Kamu harus memberikan kesan positif pada CV. Hal ini bertujuan agar Kamu bisa menarik perhatian HRD, sehingga kemungkinan lolos kerja lebih besar.

Cara Memperkenalkan Diri saat Interview

Untuk membuat data diri, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut cara menguat data diri dengan mudah, yakni:

1. Deskripsi Diri Pribadi 

Pertama-tama, saat menulis deskripsi diri, pastikan kamu menulisnya dengan singkat dan padat. 

Di dalam deskripsi diri, sebaiknya mencantumkan informasi dasar tentang dirimu seperti pengalaman kerja, pencapaian, serta proyeksi karir yang diinginkan.

Namun, kamu harus memperhatikan penulisan deskripsimu agar tidak terlalu bertele-tele. 

Perlu diingat, para perekrut biasanya hanya memberikan waktu beberapa detik untuk membaca resume atau CV, jadi kamu harus dapat mencantumkan informasi terpenting secara singkat dan jelas.

2. Tuliskan Poin-poin Penting

Kedua, pilihlah poin-poin penting yang memang benar-benar berkaitan dengan pekerjaan yang kamu geluti. 

Sebagai contoh, jika kamu melamar pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi, kamu mungkin perlu mengutamakan pengalaman kerjamu di bidang teknologi yang sudah kamu raih sebelumnya.

3. Cantumkan Pengalaman Kerja Jika Pernah Bekerja 

Ketiga, jangan terlalu memaksakan diri untuk mencantumkan semua pengalaman kerja yang pernah kamu lakukan. 

Pilihlah pengalaman kerja yang memang benar-benar relevan dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar dan tuliskan secara jelas dan ringkas.

4. Tuliskan Tujuan Karir

Keempat, sebaiknya tuliskan dengan jelas dan langsung mengenai tujuan karir yang ingin kamu capai. 

Jangan terlalu berlebihan dan menghindari kesan curhat. Misalnya saja, jelaskan apakah kamu ingin menjadi seorang manajer atau konsultan di bidang tertentu.

5. Teliti Kembali CV yang Sudah Dibuat

Terakhir, setelah menyelesaikan penulisan deskripsi diri, jangan lupa untuk mengecek ulang dan memperbaiki jika ada kesalahan penulisan atau ejaan. 

Pastikan tulisanmu mudah dipahami, rapi dan memberikan kesan positif dan menarik bagi para perekrut atau calon klien.

Jadi, itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin menulis deskripsi diri yang baik dan bisa memberikan kesan positif kepada para perekrut atau calon klien. Semoga informasi ini bermanfaat!.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter