Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Menu Sahur Tanpa Nasi, Dijamin Perut Akan Kenyang!

 

5 Menu Sahur Tanpa Nasi, Dijamin Perut Akan Kenyang!
Menu sahur simpel (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Tentunya kita semua tahu bahwa makanan sahur sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh selama menjalankan puasa

Menu Sahur untuk Menggantikan Nasi

Namun, makan sahur tidak harus selalu menggunakan nasi sebagai sumber karbohidrat. Kita juga membutuhkan sumber protein, serat, vitamin, dan mineral yang seimbang.

Oleh karena itu, berikut ini mencantumkan 5 menu sahur tanpa nasi untuk membantu kamu tetap kenyang dan sehat sepanjang hari, 

1. Moseli & Buah-buahan 

Makanan saat sahur sangat penting bagi tubuh kita yang membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menahan rasa lapar sampai berbuka puasa. 

Jika kamu ingin mencoba alternatif dari nasi, kamu bisa mencoba moesli yang dicampur dengan yogurt dan berbagai buah-buahan seperti strawberry, pisang, blueberry, kiwi atau buah-buahan lainnya.

2. Roti Gandum dan Alpukat 

Makan roti gandum dengan sedikit saus alpukat dan olive oil juga adalah pilihan yang baik untuk menu sahur kamu. 

Karbohidrat dan protein pada roti gandum dan alpukat dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil dan memberikan rasa kenyang hingga berbuka puasa.

3. Sayur Bayam dan Jus Buah 

Sayur bayam juga mengandung banyak nutrisi seperti zat besi, vitamin A, vitamin C, dan juga serat yang sangat baik untuk tubuh. 

Kamu bisa memasaknya bersamaan dengan garam dan sedikit minyak zaitun. Selain itu, kamu juga bisa mencoba jus buah sebagai pilihan minuman dengan mencampurkan berbagai jenis buah yang kamu sukai. 

Namun, hindari menambahkan gula pada jus buah yang kamu buat.

4. Aneka Sop dan Soto 

Sop atau soto berkuah hangat juga bisa menjadi pilihan alternatif nasi untuk menu sahur. 

Kamu dapat memilih beberapa jenis sop yang biasanya dijual di warung makan seperti Sop Ayam Klaten, Sroto Sokaraja, Sop Buntut dan banyak lainnya. 

Namun, untuk yang atlet atau pemburu karbohidrat, kamu bisa menambahkan roti tawar atau ketupat ketika makan sup.

5.Kentang dan Telur Rebus 

Kamu bisa mengonsumsi kentang rebus saat sahur untuk mengganti nasi. Kentang sudah dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik.

Sedangkan protein dalam telur rebus dapat membantu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. 

Selain itu, kamu bisa menambahkan lada dan daun seledri untuk memberikan rasa yang lebih segar dan nikmat.

Itulah beberapa alternatif menu sahur tanpa nasi yang dapat membantu kamu menahan lapar dan tetap sehat selama menjalankan puasa. 

Selalu jangan lupa untuk memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter