Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Menu Sahur untuk Diet yang Menarik Diterpakan, Dijamin Ketagihan!

 

5 Menu Sahur untuk Diet yang Menarik Diterpakan, Dijamin Ketagihan!
Menu sahur yang simpel (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Bagi sebagian orang, diet menjadi hal yang cukup berat. Terlebih jika diet dilakukan di momen Ramadhan. Meskipun demikian, Kamu bisa memilih menu yang tepat agar diet lebih berhasil.

Rekomendasi Menu Sahur untuk Diet

Memilih menu diet yang tepat saat Ramadhan menjadi hal penting. Berikut beberapa menu diet yang cocok diterapkan saat bulan suci Ramadhan, yakni:

1. Overnight Oats 

Overnight oats atau oatmeal yang disajikan dalam semangkuk disebut-sebut sebagai menu sarapan paling populer. 

Campuran oatmeal dan susu almond yang dicampur dengan potongan buah-buahan segar serta madu sebagai pemanis alami menjadikan menu ini kaya akan serat.

Selain itu, menu ini kaya protein, serta mengandung lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Oleh karenanya, menu sarapan satu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai makanan sahur. 

Selain mudah dibuat, overnight oats juga dapat disimpan semalaman di dalam kulkas sehingga saat bangun tidur, sarapan sehatmu sudah siap untuk dinikmati.

2. Smoothie Pisang 

Smoothie pisang dengan aneka rasanya merupakan menu sahur yang lezat dan bergizi. Kaya akan serat dan vitamin, smoothie pisang dapat menjadi pengganti sarapan lengkap yang enak. 

Cara membuatnya pun sangat mudah. Pisang dipotong kecil kemudian dicampurkan dengan yoghurt tanpa lemak, susu almond, kayu manis, dan madu di dalam blender. 

Setelah bahan-bahan tersebut di-blender hingga halus, smoothie pisang pun siap disajikan.

3. Bubur Kacang Hijau 

Bubur kacang hijau sangat cocok untuk menjadi menu sahurmu. Kacang hijau kaya akan protein nabati, serat, dan vitamin, serta dapat memberikan rasa kenyang yang lama. 

Cara membuatnya pun tidak sulit, cukup cuci bersih kacang hijau dan rendam dalam air selama 30 menit, lalu rebus dengan air, daun pandan, dan garam hingga empuk. 

Setelah itu, tambahkan gula merah yang telah diserut halus dan aduk hingga larut. Bubur kacang hijau siap disajikan dalam mangkuk.

4. Nasi Merah 

Selain memilih nasi putih, pilih juga nasi merah agar sahurmu lebih kenyang dan memiliki keseimbangan gizi yang optimal. 

Jika dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah mengandung lebih banyak serat dan nutrisi. 

Untuk membuat nasi merah yang lezat dan sehat, pertama cuci bersih nasi merah, dan rendam dalam air selama 30 menit. 

Setelah itu, rebus air dalam panci, tambahkan serai, pandan, dan sedikit garam. Kemudian masukkan nasi merah dan aduk rata. Setelah matang, nasi merah siap disajikan.

5. Sayur Mayur Panggang 

Sayur mayur panggang merupakan salah satu pilihan menu sarapan sehat yang lezat. Ini adalah alternatif yang bagus jika ingin makan sahur tetapi tidak terlalu lapar. 

Potong sayuran seperti paprika, terung, labu siam, dan bawang bombay lalu campurkan dengan minyak zaitun, garam, dan merica. 

Panggang sayuran selama 15-20 menit hingga masak dan siap disantap.

Mengganti menu sahur dengan resep-resep sehat dan lezat ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuhmu.

Selain itu, menu tersebut dapat memberikan energi yang cukup saat menjalankan aktivitas harian, terutama pada saat bulan Ramadan. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter