Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung, Sudah Pernah Coba?

5 Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung, Sudah Pernah Coba?
Menu sahur untuk penderita asam lambung (Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Bulan Ramadhan menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh banyak umat muslim. Namun sayangnya, penderita asam lambung akan berpikir dua kali untuk melakukan ibadah puasa. 

Rekomendasi Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung

Penderita asam lambung sebenarnya tetap bisa melaksanakan puasa. Namun, ada beberapa menu makanan yang harus diperhatikan. Berikut menu sahur untuk penderita asam lambung, yakni:

1. Teh jahe

Minuman ini sudah dikenal sejak dulu sebagai ramuan alami yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Namun, untuk penderita asam lambung, minum teh jahe sahur bisa membantu mengurangi resiko kambuhnya asam lambung di pagi harinya. 

Teh jahe ternyata dipercaya mengandung atsiri zingiberen, kurkumen, bisabilena, gingerol, dan flandrena. 

Sejumlah kandungan ini bisa membuat perut merasa nyaman, hangat, dan membantu mengatasi tekanan pada sfingter esofagus sehingga bisa mengurangi resiko kenaikan asam lambung.

2. Pisang

Buah ini sudah pasti ada di meja sahur hampir setiap rumah tangga. Pisang selain mudah didapatkan, termasuk buah yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. 

Kandungan pH tinggi (5,4) pada pisang mampu menetralisir keasaman getah lambung, sehingga bisa membuat lambungmu merasa nyaman. 

Kamu bisa mengolah buah pisang menjadi smoothie, roti, atau bubur oat untuk dijadikan karena alternatif menu sahur.

3. Alpukat

Buah ini lagi ngetrend banget, ya kan? Selain rasanya tasty dan gurih, ternyata alpukat jadi menu sahur yang bagus untuk penderita asam lambung. 

Alpukat selain rendah kalori, juga tinggi serat, vitamin, dan mineral. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk dijadikan alternatif makanan sahur bagi kamu dengan lambung sensitif. 

Sejumlah menu makanan sahur untuk penderita asam lambung yang terbuat dari alpukat juga beraneka ragam dan bisa diolah dengan cepat, seperti toast, jus, salad, atau spring roll.

4. Kurma

Buah ini sudah identik dengan bulan Ramadan, salah satunya jadi sajian buka puasa. Tapi tahukah kamu kurma jadi salah satu alternatif menu sahur bagi kamu yang punya asam lambung.

Kandungan gula tinggi, kaya akan serat, magnesium, dan kalium, menjadikan kurma jadi buah yang bisa membuat lancar pencernaan serta mengurangi resiko terganggunya lambung.

5. Roti gandum

Roti gandum dikenal sebagai salah satu menu sahur bagi penderita asam lambung yang baik karena mengandung serat tinggi sehingga membantu mengurangi keasaman lambung dan memberikan rasa kenyang tanpa harus makan dengan porsi yang banyak. 

Pada umumnya, roti gandum tidak menggunakan ragi, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. 

Anda bisa membuat olahan roti gandum sebagai makanan sahur untuk penderita maag, misalnya dengan langsung mengonsumsi roti gandum, diolah menjadi roti lapis alpukat, atau memanggangnya bersama keju dan telur.

Nah itulah rekomendasi menu sahur untuk penderita asam lambung yang bisa kamu pertimbangkan. 

Pastikan selalu konsultasi ke dokter dan melakukan penyesuaian makanan dengan kebutuhan yang kamu miliki. Selalu jaga pola makanmu dan rajin berolahraga ya!



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter