Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

7 Tinta yang digunakan pada Mesin, Mana yang Lebih Bagus?

 

7 Tinta yang digunakan pada Mesin, Mana yang Lebih Bagus?
Continue tinta yang sering digunakan pada mesin (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Teknik digital printing adalah salah satu cara mencetak yang memanfaatkan teknologi mesin cetak dengan digital yang menggunakan printer khusus.

Cara ini bertujuan agar warna dan gambar bisa terlihat jelas dan presisi. Dalam proses ini, tentunya memerlukan tinta sebagai bahan utama untuk mencetak.

Jenis-jenis Tinta yang digunakan pada Mesin

Dalam dunia digital printing, ada banyak jenis tinta yang bisa digunakan untuk mencetak. Masing-masing disesuaikan dengan jenis mesin, jenis kertas, bahkan benda yang akan dicetak. Berikut jenis-jenis tinga pada mesin prin, yakni

1. Tinta Solvent 

Tinta solvent adalah jenis tinta yang paling sering digunakan untuk mesin cetak digital outdoor, seperti mencetak banner, papan iklan, stiker, dan sebagainya. 

Tinta ini tergolong lebih murah dibandingkan jenis tinta lain, meskipun hasil cetakannya biasanya kurang tajam. 

Kelebihan dari tinta ini adalah tahan lama sehingga bisa berupa bahan iklan luar ruangan.

2. Tinta Eco-Solvent 

Tinta eco-solvent digunakan pada mesin cetak digital indoor, seperti mencetak poster, cetakan foto, cetakan vinyl, dan sejenisnya. 

Kualitas cetakan dapat setara dengan aqua-printer, tinta lebih ramah lingkungan dan tidak berbau tak sedap seperti tinta solvent.

3. Tinta Dye 

Tinta dye digunakan untuk mesin cetak digital indoor, seperti mencetak foto, poster, dan cetakan lainnya. 

Tinta dye ini terkenal sebagai tinta berkualitas tinggi dan bisa menghasilkan tampilan yang jelas dan cerah. Meski demikian, tinta ini kurang tahan lama dan mudah luntur jika terkena cairan atau paparan matahari langsung.

4. Tinta Acid 

Tinta acid berbeda dengan tinta-tinta sebelumnya, dengan kualitas tajam sama seperti tinta eco-solvent, namun digunakan untuk mencetak pada media kain seperti wool, silk, dan nylon. 

Tinta acid juga memiliki kekurangan yaitu lebih sulit bekerja dengan media jenis kain lain.

5. Tinta Sublim 

Tinta sublim digunakan untuk mencetak sablon pada berbagai jenis media kain, seperti kaos, celana, jaket, dan sebagainya. 

Tinta sublimasi bisa menyebar ke bahan kain dan hasilnya sangat awet, tetapi sangat perlu dipertimbangkan agar menggunakan transfer paper agar tinta tidak menempel pada kain lainnya.

6. Tinta UV 

Jenis tinta UV hanya dapat digunakan pada mesin cetak digital UV khusus, menghasilkan warna yang tahan lama dan berkualitas tinggi. 

Tinta UV dapat dipakai pada ukiran kayu dan berbagai bahan cahaya lainnya yang tidak mudah luntur.

7. Tinta Dispersi

 Tinta disperse digunakan pada berbagai jenis kain seperti polyester, lycra, acrylic dan rayon, dan dapat dianggap sebagai tinta berkualitas tinggi karena tidak mudah berwarna luntur. 

Tinta disperse harus dicetak langsung pada media kain dan dipanaskan agar hasilnya bisa se-tajam mungkin, tetapi Tinta disperse tidak dapat ditransfer menggunakan kertas transfer.

Pada intinya, mengetahui jenis tinta digital printing yang sesuai dengan kebutuhan mesin atau bahan akan sangat membantu dalam memilih yang terbaik. 

Pemilihan tinta yang sesuai akan memberikan hasil cetakan yang berkualitas dan lebih efisien dalam proses produksi, serta penghematan biaya dan waktu.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter