Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Arti Major dalam CV, Benarkah Memiliki Banyak Manfaat?

 

Arti Major dalam CV, Benarkah Memiliki Banyak Manfaat?
Ilustrasi CV (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Memilih major adalah keputusan yang sangat penting, dan bisa sangat mempengaruhi masa depan seseorang. 

Sebab major juga bisa digunakan sebagai cara untuk meningkatkan value pada diri sendiri. Terlebih major juga bisa dicantumkan dalam CV atau lamaran kerja.

Manfaat Major Bagi Mahasiwa

Pilihan major yang tepat dapat membawa beberapa manfaat bagi mahasiswa, termasuk:

1. Memungkinkan untuk Mengeksplorasi Minat dan Bakat Pribadi 

Memilih major yang sesuai dengan minat dan bakat pribadi memungkinkan mahasiswa untuk benar-benar mengeksplorasi bidang yang mereka sukai. 

Hal ini diperlukan untuk menjaga motivasi belajar mahasiswa sehingga dapat dalam mengatasi tantangan akademis dan menjadi sukses sebagai ahli di bidang yang mereka pilih. 

Selain itu, belajar dalam subjek yang di sukai akan membuat mahasiswa menerima keterampilan lain seperti kemampuan untuk berkendara untuk meraih tujuan.

2. Persiapan untuk Karier yang Diinginkan 

Pemilihan major dapat membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk karier yang spesifik. 

Ketika memilih major, mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang peluang karier tersedia dalam bidang studi yang mereka pilih. 

Misalnya, mahasiswa yang memilih major di bidang Teknik Sipil dapat mempersiapkan diri untuk bekerja di perusahaan konstruksi, sedangkan mahasiswa yang memilih major dalam bidang Komunikasi dapat mempersiapkan diri untuk karier di bidang media.

3. Mendapatkan Keterampilan Lintas Bidang 

Meskipun memilih major penting, terkadang tidak selalu menjadi satu-satunya faktor yang menentukan dalam karier. 

Pada saat yang sama, banyak major menawarkan peluang untuk belajar keterampilan praktis dan lintas bidang yang dapat digunakan pada banyak jenis pekerjaan. 

Keterampilan seperti pemecahan masalah, analisis data, dan keterampilan komunikasi yang efektif dapat berguna dalam berbagai profesi.

Tips Memilih Major dengan Tepat

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih major yang tepat. Pertama, pastikan bahwa pilihan major sejalan dengan minat dan bakat pribadi. 

Memilih bidang studi yang tidak menarik hati seringkali akan membuat mahasiswa merasa kehilangan minat pada proses belajar.

Kedua, coba pikirkan jalan karier yang ingin diambil. Periksa apakah pilihan major dapat membantu dalam pencapaian tujuan jangka panjang yang dibutuhkan.

Terakhir, pastikan bahwa pilihan major Anda membuka berbagai macam peluang. Belajar keterampilan lintas bidang dapat membuka jendela kesempatan luas pada jalur karier yang tidak terduga.

Dalam ringkasan, memilih major yang tepat sangat penting dalam memilih jalur karier, menjaga minat dan motivasi belajar, dan memperoleh keterampilan yang relevan dengan berbagai jenis pekerjaan di seluruh dunia.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter