Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Bahan untuk Melukis dapat Dibedakan Menjadi Dua, yaitu?

 

Bahan untuk Melukis dapat Dibedakan Menjadi Dua, yaitu?
Bahan untuk melukis (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Memahami alat dan bahan untuk melukis adalah langkah penting dalam membuat karya seni rupa dua dimensi yang berkualitas. 

2 Bahan untuk Melukis yang Wajib Diketahui 

Ada dua jenis bahan utama untuk melukis: cat dan tinta. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh tentang kedua bahan ini.

Perlu diketahui bahwa teknik penggunaan dan pengolahan bahan juga mempengaruhi hasil akhir dari sebuah lukisan.

1. Tinta

Tinta berasal dari berbagai jenis, namun tinta bak menjadi salah satu jenis tinta yang cukup terkenal terutama di negara Cina. 

Tinta ini terbuat dari bahan alami dan memiliki daya ikat yang cukup kuat pada kertas. Ada dua jenis tinta bak yaitu tinta yang larut di air dan tinta yang tidak larut di air. 

Tinta yang tidak larut di air cenderung lebih berkualitas tinggi dan juga lebih mahal.

Tinta bak biasanya digunakan dengan kuas, dan campuran antara tinta dan air merupakan bahan yang penting untuk mengencerkan tinta. 

Dahulu, tinta bak yang belum diencerkan banyak dijual dipasaran, namun sekarang sudah jarang ditemui. Kebanyakan tinta bak yang tersedia sudah siap pakai.

2. Cat Air (Water Color)

Cat air, atau yang disebut juga dengan cat aquarel, adalah jenis cat yang dapat larut dalam air. Cat air dijual dalam bentuk tube kecil atau berupa balok kering. 

Penggunaan cat air sebaiknya dalam trick tipis dan transparan. Cat air yang terlalu tebal akan sulit kering dan menempel. 

Warna dari cat air dipengaruhi oleh banyak dan sedikitnya air yang digunakan. Warna putih dari cat air tidak berfungsi karena warna putih ini tidak terlalu terlihat dalam lukisan.

Lukisan aquarel dari negeri Cina sering memadukan cat air dengan tinta bak yang memberikan sentuhan seni yang cukup menakjubkan. 

Namun, dalam menggunakan dan mengolah kedua bahan tersebut, perlu dipahami dengan baik teknik-teknik menggunakan dan mengolah bahan tersebut untuk menghasilkan karya seni yang lebih baik.

Dalam menghasilkan sebuah karya seni rupa dua dimensi yang berkualitas, mengenal alat dan bahan serta teknik penggunaan dan pengolahannya adalah kunci keberhasilan. 

Dengan pemahaman yang baik mengenai kedua bahan utama untuk melukis yaitu cat dan tinta, serta kemampuan dalam mengolah kedua bahan tersebut, kamu bisa menghasilkan sebuah karya seni rupa dua dimensi yang menakjubkan



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter