Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Banjir Melanda Kabupaten Serang, Ratusan Rumah Terendam

Kabupaten Serang Diterjang Banjir
Ratusan Rumah di Serang Terendam Banjir-SwaraWarta.co.id (Sumber: Antara)


SwaraWarta.co.id - Ratusan rumah di Desa Kosambi Ronyok, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten, tenggelam akibat banjir yang disebabkan oleh hujan intensitas tinggi, membuat sungai meluap dan merendam permukiman warga pada Sabtu 3 Januari 2024 ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana, menyatakan bahwa sekitar 245 rumah saat ini terendam banjir di daerah tersebut.

Untuk mengatasi situasi darurat, tim gabungan telah dilibatkan dalam upaya evakuasi warga.

Mereka menggunakan perahu karet untuk memindahkan warga ke lokasi yang dianggap lebih aman dari ancaman banjir. Selain itu, pihak berwenang telah mendirikan tenda darurat sebagai tempat beristirahat bagi warga yang terdampak oleh banjir.

Menanggapi kondisi cuaca yang masih buruk dengan hujan yang berlanjut, Nana Sukmana menyampaikan bahwa tinggi air saat ini berkisar antara 20 hingga 50 cm.

Di tengah kondisi ini, mendirikan tenda darurat menjadi langkah penting untuk memberikan perlindungan kepada warga yang terkena dampak.

Terkait dengan kebutuhan mendesak masyarakat, Nana Sukmana mengungkapkan bahwa beberapa item menjadi prioritas.

Tenda pengungsi, obat-obatan, matras, selimut, makanan, dan pampers termasuk dalam kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi.

Upaya ini diambil untuk memastikan keberlangsungan hidup dan kesejahteraan warga yang terdampak.

Lebih lanjut, Nana Sukmana menjelaskan bahwa petugas masih terus melakukan pendataan di lapangan.

Tujuannya adalah untuk mengetahui jumlah pasti warga yang terdampak banjir, sehingga bantuan yang diberikan dapat sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya penanganan yang terkoordinasi dan responsif terhadap bencana banjir yang melanda Desa Kosambi Ronyok.

Dalam kondisi darurat seperti ini, kerjasama antara berbagai pihak termasuk lembaga pemerintah, relawan, dan masyarakat sangat diperlukan.

Solidaritas dan koordinasi yang baik dapat mempercepat proses penanganan bencana dan membantu warga yang membutuhkan bantuan.

Dengan kondisi cuaca yang belum menentu, BPBD Kabupaten Serang terus memantau perkembangan situasi dan memberikan peringatan dini kepada masyarakat.

Semua upaya ini dilakukan guna mengurangi risiko dan dampak yang mungkin timbul akibat bencana banjir yang melanda Desa Kosambi Ronyok.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter