Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Bisa Menghasilkan Buah yang Lebat, Ini Dua Cara Menanam Buah Durian

 

Bisa Menghasilkan Buah yang Lebat, Ini Dua Cara Menanam Buah Durian
Ilustrasi pohon durian yang berbuah dengan lebat (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Buah durian berasal dari Asia Tenggara dan Indonesia merupakan salah satu penghasil terbesar kedua di dunia setelah Malaysia dan Thailand. 

Selain rasanya yang enak, tanaman durian memiliki banyak manfaat seperti mencegah erosi, batang bisa dipakai untuk bangunan atau perkakas.

Tidak hanya itu saja, durian juga memiliki harga jual yang tinggi. Oleh karena itu, budaya durian bisa dijadikan sebagai ide bisnis.

Cara Menanam Durian yang Baik dan Benar

Bagi Anda yang menyukai durian bisa melakukan budidaya dengan benar. Berikut beberapa cara menanam durian yang baik dan benar, yakni:

1. Pembibitan Bibit 

Pembibitan durian bisa dibeli atau diproduksi sendiri dengan berbagai cara, namun cara yang paling mudah adalah dengan membelinya langsung. 

Bibit durian yang siap ditanam minimal memiliki tinggi 75 - 150 cm atau berumur 7 - 9 bulan. 

Ciri bibit yang baik yaitu batangnya kokoh, akar banyak dan kuat, serta helaian daun dekat pucuk tanaman yang menebal dan berwarna hijau tua.

2.Persiapan tanam 

Persiapan lahan merupakan hal yang penting. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah kondisi tanah, pengairan, luas area, jadwal tanam, dan volume produksi. 

Lahan harus dibersihkan beberapa minggu sebelum penanaman pohon. Kemudian, dibuatkan bedengan dengan lebar 1 m dan panjang 2 m dengan tambahan pasir dan pupuk kompos.

3. Penanaman Lubang 

Penanaman harus dibuat dengan ukuran 70 x 70 x 60 cm atau 80 x 80 x 70 cm dengan jarak tanam 10 - 12 m. 

Tambahkan pupuk kompos sebanyak 30 kg setiap lubang dan diamkan selama 2 - 3 minggu sebelum menanam.

4. Pemupukan 

Pupuk NPK bisa diberikan selanjutnya saat tanaman berusia 1, 3, dan 4 tahun dengan jumlah yang meningkat, yakni 1, 1,5, dan 2 kg.

5. Pengairan 

Penyiraman tanaman durian perlu disesuaikan dengan kondisi cuaca. Pada musim panas misalnya, tanaman yang sudah berbuah perlu disiram 1 - 3 kali dalam seminggu.

6. Penyiangan Rumput 

Rumput dan gulma perlu dibersihkan untuk menghindari pertumbuhan yang tidak diinginkan di sekitar tanaman durian.

7. Penanganan Hama dan Penyakit 

Hama dan penyakit pada durian, bisa ditangani dengan pestisida. Namun, pastikan untuk memperhatikan dosis dan cara penggunaannya.

Itulah beberapa cara yang harus Anda lakukan saat melakukan budidaya buah durian. Meskipun terbilang mudah, namun Anda harus melakukannya dengan benar.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter