Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Menjadi Perbincangan Hangat Warganet, Siapa Sebenarnya DPR IAN?

DPR Ian
DPR Ian-SwaraWarta.co.id (Sumber: Antara)


SwaraWarta.co.id - DPR Ian atau yang bernama asli Christian Yu, lahir pada 6 September 1990, adalah seorang penyanyi, rapper, juga sutradara asal dari Australia yang tinggal di Korea Selatan.

Ia merupakan mantan anggota boysband C Clown di bawah agensi Yedang Entertainment, yang aktif antara tahun 2012 hingga 2015.

Debut solonya dilakukan di bawah label yang ia dirikan sendiri, Dream Perfect Regime (DPR), dengan merilis single digital "So Beautiful" pada 26 Oktober 2020.

Album studio pertamanya berjudul Moodswings in to Order dirilis pada 29 Juli 2022.

Pada tahun 2022, ia masuk dalam peringkat ke-10 sebagai Kpop Male Solo Artist paling banyak didengar secara global di Spotify.

Christian Yu, atau dikenal juga dengan nama Yu Ba-rom atau Rome, lahir pada 6 September 1990 di Sydney, New South Wales, Australia.

Ia memulai karirnya sebagai pemimpin grup K-pop C-Clown dengan nama panggung Rome, yang diambil dari nama Korea-nya "Ba-rom".

Grup beranggotakan enam orang ini debut pada tahun 2012 dan menjadi grup idola pertama yang dibentuk oleh agensi hiburan Yedang Entertainment, yang kemudian berganti nama menjadi Banana Culture Entertainment.

Setelah C-Clown bubar pada Oktober 2015, Yu bersama dengan Live, Cream, dan REM mendirikan label Dream Perfect Regime, yang seluruh anggotanya menggunakan akronim DPR di depan nama mereka.

Pada tahun 2021, Yu merilis extended play debutnya berjudul Moodswings in This Order, dan tahun berikutnya, yakni 2022, ia meluncurkan album studio pertamanya Moodswings In To Order.

Selain menjadi penyanyi dan rapper, Yu juga bertanggung jawab atas aspek visual untuk kru DPR dan menjadi sutradara semua video musik DPR, termasuk karya-karya seperti "Jasmine", "Legacy", dan "Yellow Cab" untuk Live, serta "So Beautiful", "No Blueberries", dan "Ballroom Extravaganza" untuk dirinya sendiri.

Ia juga terlibat dalam menyutradarai dan mengedit video musik untuk artis di luar DPR, seperti "HOLUP" milik Bobby, "Body" milik Mino, dan "Wake Me Up" milik Taeyang.

Pada tahun 2020, DPR Ian muncul dalam video musik "5 Stars" oleh CL, dan berkolaborasi dengan CL dalam lagu "So Beautiful" dan "No Blueberries" pada tahun yang sama. Pada tahun 2021, bersama Live, ia merilis lagu "Diamonds + and Pearls" sebagai bagian dari soundtrack untuk film Marvel "Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings".

Ini menjadikan mereka, bersama dengan artis lain di album tersebut, sebagai dua dari sedikit artis Korea yang berpartisipasi dalam album soundtrack Marvel.

Pada tahun 2024, DPR Ian menyutradarai dan muncul dalam video musik "Shopper" oleh IU.

Ini menunjukkan kontribusi terus-menerusnya dalam dunia musik dan visual, serta membuktikan kemampuannya dalam menggarap proyek-proyek besar seperti kolaborasi dengan IU dan Marvel.

Secara keseluruhan, perjalanan karir Christian Yu, atau DPR Ian, tidak hanya mencakup prestasi sebagai penyanyi dan rapper, tetapi juga sebagai sutradara yang berbakat dan inovatif dalam menciptakan visual untuk karya-karya artistiknya dan orang lain di industri musik.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter