Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Faktor Penyebab Phobia yang Paling Umum dan dialami Banyak Penderita

 

Terdapat beberapa faktor penyebab phobia salah satunya trauma
Terdapat beberapa faktor penyebab phobia salah satunya trauma
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Phobia adalah sebuah ketakutan yang berlebihan terhadap suatu objek atau situasi. 

Phobia sendiri merupakan jenis dari gangguan kecemasan yang terjadi akibat adanya reaksi yang tidak seimbang antara ketakutan seseorang dengan faktor pencetus ketakutan tersebut. 

Setiap orang biasanya mengalami phobia dengan faktor penyebab atau pemicu yang berbeda-beda. 

Deretan Penyebab Terjadinya Phobia

Berikut beberapa faktor penyebab phobia:

1. Pengalaman traumatis

Pengalaman traumatis yang dialami seseorang dalam kehidupan dapat menjadi pemicu utama serta menjadi salah satu faktor penyebab phobia. 

Trauma yang dialami dapat terjadi pada masa kecil seperti pengalaman menjadi korban kekerasan atau pelecehan seksual sehingga berdampak buruk pada psikologi perorangan di masa depannya, baik secara keseluruhan maupun terhadap objek atau situasi tertentu.

2. Faktor genetik

Faktor genetik juga dapat menjadi salah satu faktor utama penyebab phobia. Sebuah studi mengatakan bahwa phobia dapat diturunkan, artinya orang yang memiliki anggota keluarga yang menderita phobia lebih cenderung menderita phobia juga. 

Kemunculan phobia disebabkan oleh perubahan genetik yang terjadi pada otak sehingga membuat seseorang lebih cenderung terkena phobia.

3. Pembelajaran

Belajar dari pengalaman orang lain yang merasa takut atau mengalami situasi yang menakutkan juga menambah faktor penyebab phobia. 

Terdapat banyak contoh pembelajaran seperti orang yang takut terhadap ketinggian mungkin dapat mempengaruhi dan membuat anak yang melihatnya menjadi takut juga ketika ada di tempat yang tinggi.

4. Stres kronis

Stres kronis adalah sebuah kondisi stres yang berkelanjutan dan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang. 

Stres dapat mempengaruhi cara seseorang memandang situasi atau objek dalam kehidupan sehari-hari.

5. Penggunaan obat-obatan

Narkoba dan pengobatan tertentu dapat menimbulkan phobia di mana kondisi ini dihasilkan dari dampak bersifat samping atau efek yang dirasakan oleh perorangan setelah penggunaan obat. 

Orang yang mengalami phobia dan juga menggunakan obat tertentu seperti amfetamin, alkohol, atau bahkan tertentu jenis obat kuat dapat memperburuk keadaan phobia yang dialaminya.

Phobia dapat mempengaruhi kehidupan seseorang secara signifikan dan membutuhkan penanganan yang tepat. 

Mengenali faktor penyebab phobia dapat membantu seseorang untuk lebih mewaspadai situasi atau objek yang dapat memicunya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter