Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Inilah Ketentuan Membacakan Surat Yasin Pada Malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Syaban
Ketentuan Baca Surat Yasin Malam Nisfu Syaban-SwaraWarta.co.id (Sumber: SindoNews)


SwaraWarta.co.id - Malam Nisfu Syaban, yang jatuh pada tanggal 15 Syaban dalam kalender Hijriah, merupakan momen istimewa yang dianggap sebagai malam pengampunan.

Pada malam ini, Allah SWT dikatakan membuka pintu maaf untuk seluruh umatnya.

Salah satu amalan yang dianjurkan pada malam ini adalah membaca Surat Yasin, sebuah surat yang penuh makna mulia, nasihat, dan pelajaran.

Menurut anjuran ulama besar KH Sholeh Darat, membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali pada malam Nisfu Syaban memiliki keutamaan tersendiri.

Hadratussyekh Muhammad Hasyim Asy'ari, pendiri NU, dan KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, memberikan makna khusus pada setiap pembacaan Surat Yasin.

Ada tata cara khusus yang dapat diikuti saat membaca surat ini pada malam tersebut.

Pertama-tama, Surat Yasin dianjurkan dibaca setelah salat Magrib atau menjelang salat Isya.

Membaca surat yang terdiri dari 83 ayat sebanyak tiga kali memerlukan niat yang tulus.

Pembacaan pertama diawali dengan niat meminta panjang umur agar dapat selalu bertakwa kepada Allah SWT.

Kemudian, pembacaan kedua diarahkan untuk meminta rasa syukur dan doa agar diberikan rezeki berlimpah dan halal selama hidup.

Yang terakhir, pembacaan ketiga diiringi niat memohon keteguhan iman kepada Allah SWT.

Setelah membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali, langkah selanjutnya adalah memanjatkan doa penutup.

Umat Islam dapat berdoa dengan merangkai kata-kata seperti, "Ya Allah, Ya Rabbi, dengan haq kebenaran Surat Yasin, aku minta tiga hal tadi.

Semoga Engkau kabulkan keinginanku dengan kemuliaan Rasulullah SAW." Doa penutup ini direkomendasikan untuk dibaca sebanyak tujuh kali, mencerminkan kekhusyukan dan harapan agar setiap doa dikabulkan oleh Allah SWT.

Melalui amalan ini, umat Islam diharapkan dapat merasakan keberkahan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Malam Nisfu Syaban menjadi momen untuk memperbanyak salat sunah, berdoa, zikir, selawat nabi, dan khususnya membaca Surat Yasin sebagai bentuk ibadah dan tanda ketundukan kepada Sang Pencipta.

Dengan mengikuti tata cara dan niat yang disarankan, umat Islam diharapkan mendapatkan manfaat spiritual dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Keistimewaan malam Nisfu Syaban menjadi kesempatan untuk memperbaiki diri, memohon ampunan, dan memperoleh berkah dari Allah SWT.

Dengan keyakinan dan kesungguhan dalam menjalankan amalan-amalan tersebut, umat Islam dapat merasakan kedamaian dan keberkahan pada malam yang istimewa ini.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter