Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jenis- Jenis Phobia Secara Umum yang Wajib diwaspadai

 

Jenis phobia sangat banyak
Jenis phobia sangat banyak 
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Phobia atau ketakutan yang berlebihan terhadap suatu objek atau situasi tertentu adalah sebuah permasalahan kesehatan mental yang dapat mengindikasikan adanya gangguan kecemasan. 

Phobia bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia, status sosial dan faktor pengelompokan tertentu. 

Ragam Jenis Phobia yang Sering dialami Orang-orang 

Phobia dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari dan kualitas kehidupan seseorang. Berikut adalah beberapa jenis phobia yang paling umum terjadi:

1. Acrophobia

Acrophobia adalah ketakutan berlebihan terhadap ketinggian. Orang yang menderita acrophobia akan merasa sangat takut ketika berada pada ketinggian tertentu.

Bahkan penderita jika tempat tersebut dianggap aman dan stabil. Gejala acrophobia antara lain gemetar, berkeringat, dan sulit bernapas ketika berada pada ketinggian.

2. Arachnophobia

Arachnophobia adalah phobia terhadap laba-laba. Orang yang menderita arachnophobia akan merasa sangat takut dan cemas ketika melihat laba-laba, bahkan jika laba-laba tersebut tidak berbahaya. 

Gejala arachnophobia antara lain berkeringat, jantung berdebar kencang, dan sulit bernapas ketika melihat laba-laba.

3. Agoraphobia

Agoraphobia adalah ketakutan akan situasi dimana seseorang merasa tidak dapat leluasa pergi atau melarikan diri. 

Orang yang menderita agoraphobia akan merasa sangat takut dan khawatir ketika berada di tempat ramai atau tempat yang sulit untuk dihindari.

3. Social Phobia

Social phobia atau fobia sosial adalah ketakutan yang berlebihan ketika berada di hadapan orang banyak atau dalam situasi sosial tertentu. 

Orang yang menderita social phobia akan merasa sangat cemas ketika berbicara di depan umum atau dalam situasi seperti pertemuan sosial atau pesta. 

4. Claustrophobia

Claustrophobia adalah ketakutan berlebihan terhadap situasi di mana seseorang merasa terkurung atau tidak bisa leluasa.

Orang yang menderita Claustrophobia akan merasa sangat takut ketika berada di tempat yang sempit atau ruang tertutup, seperti lift atau ruangan tertutup yang kecil. 

5. Hemophobia

Hemophobia adalah ketakutan berlebihan terhadap darah. Orang yang menderita hemophobia akan merasa sangat takut dan cemas ketika melihat atau mengalami darah dalam jumlah tertentu. 

Gejala hemophobia antara lain merasa pusing, lemas, dan mual bahkan tidak jarang penderita akan pingsan. 

Phobia dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan mengganggu aktivitas seseorang. Jika Anda mengalami phobia yang mempengaruhi kualitas hidup Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter