Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Kebakaran di Salah Satu Apartemen di Valencia, 10 Korban Dinyatakan Meninggal

Kebakaran Apartemen di Valencia
Apartemen yang Terbakar di Valencia-SwaraWarta.co.id (Sumber: CNN)


SwaraWarta.co.id - Petugas damkar dan polisi Spanyol menemukan 10 korban tewas dalam kebakaran apartemen di Valencia pada Jumat malam.

Pilar Bernabe, pejabat pemerintah, menyatakan bahwa korban diidentifikasi setelah pemeriksaan bangunan yang hangus terbakar selama hampir 24 jam.

Empat korban berasal dari satu keluarga, termasuk ibu, ayah, anak perempuan 3 tahun, dan bayi baru lahir.

Presiden Valencia, Carlos Mazon, mengonfirmasi 15 orang terluka, termasuk lima petugas damkar, namun tak ada yang mengalami luka serius.

Petugas damkar berhasil menyelamatkan dua orang di balkon apartemen, sementara satu petugas terpaksa melompat dari lantai dua untuk menghindari api.

Dugaan awal mengarah pada poliuretan sebagai penyebab kebakaran, bahan yang juga terlibat dalam tragedi Menara Grenfell di London tahun 2017.

Namun, badan arsitek Valencia membantah klaim ini, menyebut penggunaan insulasi wol mineral sebagai bahan pelapis bangunan.

Kepala badan arsitek menyatakan bahwa api menyebar cepat karena adanya ruang udara dan angin kencang.

Bangunan itu dibangun antara 2005 dan 2009, dan ada dugaan bahwa poliuretan mungkin menjadi pemicu api.

Esther Puchades, wakil presiden College of Industrial Technical Engineers of Valencia, menyatakan perlunya menunggu hasil penyelidikan untuk memastikan bahan yang digunakan.

Meskipun laporan awal menunjukkan poliuretan sebagai penyebab potensial, Puchades mencatat bahwa fasad bangunan mengandung beberapa bahan dengan komponen plastik.

Insiden kebakaran ini terjadi berlokasi awal di lantai delapan yang kemudian menyebar ke dua gedung apartemen yang dihuni sekitar 450 orang ini.

Valencia mengumumkan tiga hari berkabung dan menunda festival Las Fallas.

Peristiwa ini menciptakan kesedihan mendalam di komunitas, dengan upaya penyelamatan dramatis dan kerugian nyawa yang merenggut.

Pemerintah setempat berjanji untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran.

Kondisi bangunan, bahan pelapis, dan faktor lingkungan seperti angin kencang diidentifikasi sebagai faktor yang berpotensi mempercepat penyebaran api.

Ketidakpastian seputar bahan pelapis bangunan memunculkan keprihatinan terhadap keselamatan struktural dan regulasi.

Sementara tragedi ini mencerminkan trauma serupa dengan kebakaran Grenfell, investigasi mendetail diperlukan untuk mengidentifikasi langkah-langkah perbaikan dan pencegahan di masa depan.

Semua mata tertuju pada hasil penyelidikan yang akan menentukan apakah poliuretan atau bahan lain yang berkontribusi pada kebakaran mematikan ini.

Komitmen untuk memastikan keamanan bangunan dan perlindungan masyarakat menjadi fokus utama setelah bencana yang mengguncang Valencia.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter