Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Keutamaan Sholat Witir yang Sayang untuk Dilewatkan

Keutamaan Sholat Witir yang Sayang untuk Dilewatkan
Keutamaan sholat witir (Dok. Istimewa)


 SwaraWarta.co.id - Sholat Witir memang merupakan salat sunah yang jarang dilakukan oleh umat muslim karena jarang dilakukan. 

Namun, salat witir memiliki banyak keutamaan yang perlu diketahui agar kita sebagai umat muslim dapat memperoleh keberkahan dalam menjalankan ibadah.

Salat witir dilaksanakan pada malam hari sebagai penutup salat hari itu. Dilaksanakan setelah salat tarawih dan salat sunah wajib Isya. Jumlah rakaat salat witir sebanyak rakaat ganjil, setidaknya satu rakaat. 

Di Indonesia, umat muslim biasanya melaksanakan salat witir tiga rakaat pada bulan puasa Ramadan, yaitu dua rakaat dan satu rakaat. Namun, jumlah rakaat lainnya sesuai dengan mazhab masing-masing.

Keutamaan Sholat Witir

Ibadah Sunnah ini tentu sering dilakukan oleh umat muslim. Hal ini disebabkan karena sholat witir memiliki beberapa keutamaan seperti:

1. Mendapat pahala besar jika dilakukan dengan baik. 

Salat witir adalah salah satu salat sunah yang jika dilakukan dengan ikhlas dan khushu’ akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. 

Selain itu, dengan melaksanakan salat witir, ini akan menjadi pelengkap salat sunah wajib Isya sehingga pahala dari salat wajibnya semakin besar.

2. Menunjukkan ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT. 

Salat witir adalah salah satu bentuk ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan merutinkan salat witir setiap malam, kita menunjukkan penghormatan serta menghargai perintah Allah SWT dengan menjadi hamba yang taat dan patuh.

3. Dapat membantu menghindari dosa

Rasulullah SAW pernah menyatakan bahwa sholat witir dapat menjadi salah satu cara menghindari dosa. 

Selain itu, salat witir dapat pula membantu memperoleh keberkahan di dunia dan akhirat karena ini merupakan salah satu amalan baik yang dilakukan oleh umat muslim.

4. Meningkatkan derajat di hadapan Allah SWT

Salat witir juga dapat meningkatkan derajat di hadapan Allah SWT. Sesuai dengan beberapa hadis yang berkaitan dengan salat witir, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa salat witir akan membuat orang yang melakukan salat witir dicintai oleh Allah SWT. 

Hal ini pula dapat membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT dan mendapatkan rahmat serta keberkahan dari-Nya.

5. Memberikan kekuatan dalam menghadapi cobaan dunia 

Manfaat yang tak kalah penting dari salat witir adalah memberikan kekuatan bagi kita dalam menghadapi cobaan dan ujian dari kehidupan dunia. 

Pada saat-saat sulit, salat witir dapat memberikan ketenangan dan ketentraman hati. 

Selain itu, doa yang dipanjatkan saat melaksanakan salat witir juga senantiasa didengar oleh Allah SWT, hal inilah yang dapat menjadi penghibur bagi kita dalam menjalani kehidupan.

Itulah eberapa keutamaan dari salat witir yang perlu kita ketahui. Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah dan diberikan keberkahan serta rahmat oleh Allah SWT.




Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter