Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Manfaat Kesehatan dari Zaitun

Manfaat Zaitun
Manfaat Zaitun untuk Kesehatan-SwaraWarta.co.id - SwaraWarta.co.id (Sumber: Klikdokter)


SwaraWarta.co.id - Zaitun (Olea europaea) telah lama diakui karena manfaat kesehatannya yang beragam.

Buahnya dan minyaknya telah menjadi bagian penting dari pola makan sehat di seluruh dunia, khususnya di kawasan Mediterania.

Ada beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan konsumsi zaitun dan minyak zaitun.

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang kaya akan asam lemak omega-9.

Konsumsi lemak sehat ini telah terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner.

Asam oleat, yang merupakan komponen utama minyak zaitun, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), sehingga menjaga kesehatan jantung.

Minyak zaitun juga mengandung senyawa antioksidan seperti polifenol, terutama oleuropein dan hidroksitirosol, yang telah terbukti memiliki efek anti-kanker.

Senyawa-senyawa ini dapat melawan peradangan dan kerusakan oksidatif dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko utama bagi perkembangan kanker.

Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun secara teratur dapat membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif dan peradangan, yang dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif terkait usia.

Minyak zaitun telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit.

Kandungan vitamin E dan polifenol dalam minyak zaitun dapat membantu menjaga kelembapan kulit, melindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan meredakan peradangan pada kondisi kulit seperti dermatitis dan eksim.

Studi telah menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu mengatur kadar gula darah, baik dengan meningkatkan sensitivitas insulin maupun dengan mengontrol penyerapan glukosa dalam darah.

Ini berarti minyak zaitun dapat menjadi bagian penting dari pola makan untuk penderita diabetes tipe 2.

Meskipun minyak zaitun tinggi kalori, konsumsinya telah terkait dengan penurunan berat badan dan pengendalian obesitas.

Ini mungkin karena minyak zaitun dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengurangi asupan makanan berkalori tinggi lainnya.

Minyak zaitun mengandung vitamin A dan E, serta senyawa antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin, yang penting untuk kesehatan mata.

Konsumsi minyak zaitun secara teratur dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan menurunkan risiko penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

Dengan semua manfaat kesehatan yang dimilikinya, zaitun dan minyak zaitun telah menjadi pilihan yang baik untuk memperkaya pola makan sehari-hari.

Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang seimbang sebagai bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter