Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mendatangkan Banyak Pahala, Ini Dia Doa yang Bisa Dibaca saat Nuzulul Qur'an

Mendatangkan Banyak Pahala, Ini Dia Doa yang Bisa Dibaca saat  Nuzulul Qur'an
Doa orang di malam Nuzulul Qur'an (Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Hari ini, umat Islam memperingati Nuzulul Quran atau malam turunnya Al-Quran. Peristiwa ini sangat penting.

Nuzulul Qur'an merupakan momen di mana Al-Quran pertama kali diturunkan dari 'Lauh Mahfudz', ke bumi, melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. 

Nuzulul Quran sendiri terjadi secara berangsur-angsur dan diawali pada tanggal 17 Ramadan di Gua Hira, Mekkah.

Setelah Rasulullah menerima wahyu pertama di Gua Hira, Al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun kepada Rasulullah. 

Proses penurunan Al-Quran memakan waktu yang cukup lama dan perlahan-lahan dalam rentang waktu kurang lebih dua dekade. 

Ketika ayat pertama dari Surah Al-Alaq turun pada tanggal 17 Ramadan, itu menjadi tonggak sejarah penting dalam perkembangan Islam dan peradaban manusia.

Menurut sejarah, pada saat turunnya Surah Al-Alaq, Rasulullah sedang membaca Al-Quran di Gua Hira. 

Malaikat Jibril kemudian muncul di depannya dan berkata kepada Rasulullah SAW, "Bacalah", kemudian mulai menurunkan wahyu pertama yang berisi kelima ayat tersebut.

Peristiwa penuh berkah ini mengubah sejarah kebudayaan manusia di seluruh dunia, dalam aspek budaya, sosial, politik bahkan ekonomi karena Al-Quran berisi pedoman untuk kehidupan manusia dalam setiap aspek.

Malam Nuzulul Quran menjadi waktu yang spesial bagi umat Islam untuk memperbanyak amal ibadah, termasuk doa, dzikir, membaca Al-Quran dan melakukan perbuatan baik lainnya. 

Di malam Nuzulul Quran, ada beberapa doa khusus yang bisa dipanjatkan, seperti Doa Nuzulul Quran 1 dan Doa Nuzulul Quran 2.


Doa Nuzulul Quran 1 

Doa ini berisi permohonan agar hati menjadi terang benderang seperti membaca Al-Quran, akhlak menjadi lebih baik dengan kemuliaan Al-Quran.

اللهم نور قلوبنا بنور هدايتك كما نورت الارض بنور شمسك ابدا ابدا برحمتك يا ارحم الراحمين

Latin: Allahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur'an, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur'an, wa hassin a'maalanaa bi dzikril qur'an, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur'an, wa adkhilnal jannata bi syafaa'til qur'an.

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur'an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur'an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur'an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur'an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa'at Al-Qur'an."

 Doa Nuzulul Quran 2 

Doa ini berisi permohonan agar Allah merahmati kita dengan Al-Quran, menjadikannya sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat. 


اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Latin: Allahumarhamni bil qur'an. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimni minhu maa jahiltu. Warzuqnii tilawatahu aana allaili wa athrofannahar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

Artinya: "Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam

Dalam memperingati Nuzulul Quran ini, umat Islam di seluruh dunia saling berdoa dan membaca Al-Quran. 

Semoga momen ini membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi kita semua, serta menginspirasi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan taat pada ajaran Al-Quran.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter