Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mendatangkan Pahala Berlipat Ganda, Ini Dia Amalan Sunnah yang Menarik Diterapkan di Bulan Ramadhan

 

Mendatangkan Pahala Berlipat Ganda, Ini Dia Amalan Sunnah yang Menarik Diterapkan di Bulan Ramadhan
Sunnah puasa yang mendatangkan banyak pahala (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat muslim, karena dalam bulan ini Allah memberikan pahala yang melimpah bagi mereka yang berlomba-lomba mencari keberkahan dan melakukan berbagai amalan. 

Selain menjalankan ibadah puasa, seorang muslim juga dianjurkan untuk melakukan amalan sunnah lain selama bulan Ramadhan.

Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan Saat Bulan Ramadhan 

Berikut adalah beberapa amalan sunnah yang bisa dijalankan selama bulan Ramadhan:

1. Membaca Al-Quran 

Umat muslim disarankan untuk lebih sering membaca Al-Quran selama bulan Ramadhan. 

Selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda, membaca Al-Quran juga dapat meningkatkan derajat seseorang di hadapan Allah SWT.

Membaca Alquran juga membawa ketenangan hati, memudahkan untuk menghadap Allah SWT di akhirat, dihadiri oleh para malaikat, dan ditempatkan di tempat yang terbaik di surga.

2. Melaksanakan Ibadah Malam (Qiyamul Lail) 

Melakukan ibadah pada malam hari, seperti sholat sunnah, membaca Al-Quran, dan berdoa di bulan Ramadhan sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan yang istimewa.

3. Mendirikan Sholat Tarawih 

Salat tarawih adalah ibadah sunah yang didirikan oleh umat muslim di bulan Ramadan. Dengan mendirikan shalat tarawih secara berjamaah, umat Muslim akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan rahmat dari Allah. 

Mendirikan shalat tarawih secara rutin juga akan memberikan keutamaan yang berlimpah.

4. Melakukan I’tikaf di Masjid 

I’tikaf adalah ibadah yang ditandai dengan berdiam diri di masjid dengan disibukkan melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah. 

Melakukan i’tikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadan memiliki keutamaan yang luar biasa seperti Nabi Muhammad SAW yang melakukan i’tikaf pada hari kesepuluh terakhir bulan Ramadan.

5. Mengakhirkan Sahur 

Sahur adalah waktu untuk makan sebelum berpuasa di siang hari. Melakukan ibadah seperti sholat, zikir, dan berdoa setelah sahur bisa memberikan nilai lebih kepada umat muslim.

6. Menyegerakan Berbuka Puasa 

Menyegerakan berbuka puasa setelah waktu berbuka datang juga sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW

Menyegerakan berbuka puasa bisa memberikan rasa lapar dan haus yang lebih sedikit, sehingga membuat tubuh tidak mudah lelah.

7. Memberikan Sedekah 

Memberikan sedekah di bulan Ramadhan adalah amalan yang sangat dianjurkan, karena di dalamnya terkandung keutamaan yang luar biasa. 

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang diberikan pada bulan Ramadhan."

Itulah beberapa Sunnah yang bisa dilakukan di bulan Suci Ramadhan. Dengan melakukan ibadah tersebut, maka seseorang akan mendapatkan Rahmad dari Allah SWT.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter