Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Menjadi Malam yang Istimewa, Ini Dia Sejarah Singkat Nuzulul Qur'an

 

Menjadi Malam yang Istimewa, Ini Dia Sejarah Singkat Nuzulul Qur'an
Malam Nuzulul Qur'an (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Bagi umat Islam, penting untuk mengetahui sejarah diturunkannya Al-Qur'an. Dengan mengetahuinya, kita akan tahu kapan dan bagaimana Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. 

Al-Qur'an merupakan firman Allah azza wa jall yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw sebagai panduan untuk semua umat manusia dalam membedakan hal yang benar dan yang salah, yang hak dan yang batil. 

Al-Qur'an juga merupakan mukjizat paling agung yang diterima oleh Nabi Muhammad saw, melebihi kitab-kitab suci sebelumnya seperti Taurat, Injil, dan Zabur.

Menurut Syekh Muhammad Sayyid At-Thanthawi, Al-Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril as sesuai kebutuhan umat Islam saat itu. 

Imam Ibnu Katsir menuliskan bahwa Al-Qur'an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad pada malam Senin tanggal 17 atau tanggal 24 Ramadhan. 


كَانَ ابْتِدَاءُ الْوَحْيِ إِلَى رَسُوْلِ الله يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ، لَسَبْع عَشَرَةَ لَيْلَةُ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ وَقِيْلَ فِي الرَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ مِنْهُ

Artinya, “Permulaan wahya (diturunkannya Al-Qur’an) kepada Rasulullah saw bertepatan dengan hari Senin pada malam ketujuh belas bulan Ramadhan. Dan dikatakan, bertepatan dengan tanggal 24 Ramadhan.” (Ibnu Katsir, Al-Bidayah wan Nihayah, [Beirut, Darul Fikr], juz III, halaman 11).

Bulan Ramadhan ini juga menjadi bulan di mana kitab-kitab suci para nabi sebelumnya diturunkan, seperti Mushaf Nabi Ibrahim, Kitab Taurat, Injil, dan Zabur. 

Pernyataan tersebut sesuai dengan riwayat Imam At-Thabrani dan Al-Baihaqi dari sahabat Watsilah bin Asqa, Nabi Muhammad saw bersabda:

أُنْزِلَتْ صُحُفُ إِبْرَاهِيمَ فِي أَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ، و أُنْزِلَتْ التَّوْارَةُ لِسِتٍّ مَضَيْنِ مِنْ رَمَضَانَ، وَأُنْزِلَ الْاِنْجِيْلُ لِثَلَاثِ عَشَرَةَ مَضَتْ مِنْ رَمَضَانَ، وَأُنْزِلَ الزَّبُورُ لِثَمَانِي عَشْرَةَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ، وَأَنْزَلَ اللَّهُ الْقُرْآنَ لِأَرْبَعٍ وَعِشْرِينَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ

Artinya, “Mushaf Nabi Ibrahim as diturunkan pada pertama bulan Ramadhan. Kitab Taurat diturunkan pada hari keenam Ramadhan. Injil diturunkan pada tanggal 13 Ramadhan. Zabur diturunkan pada tanggal 18 Ramadhan. Al-Qur’an diturunkan pada tangal 24 Ramadhan.” (HR At-Thabrani dan Al-Baihaqi dalam Kitab Syu’abul Iman, dan Imam Al-Asbihani dalam Kitab At-Targhib).

Beberapa ulama berpendapat bahwa Al-Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, malam kemuliaan yang lebih baik daripada 1000 bulan. 

Semua hal tersebut untuk menunjukkan kemuliaan Al-Qur'an, yang diturunkan melalui malaikat Jibril yang mulia kepada Nabi saw yang mulia, serta untuk menghormati umat yang mulia.

Karena itu, merupakan suatu kehormatan bagi kita untuk memperingati malam nuzulul qur'an pada bulan Ramadhan ini. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter