Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Menu Buka Puasa untuk Penderita Diabetes agar Ibadah Ramadhan Lancar

 

Salad sayur menjadi menu buka puasa untuk penderita diabetes
Salad sayur menjadi menu buka puasa untuk penderita diabetes
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Bulan Ramdhan sebentar lagi tiba. Momen tersebut sangat identik dengan menu buka puasa. 

Bagi penderita diabetes, tentu menu buka puasa harus dipertimbangkan agar tidak menimbulkan dampak besar bagi kesehatan. 

Referensi Menu Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

Berikut ini sejumlah menu buka puasa untuk penderita diabetes agar tetap bisa melakukan ibadah ramadhan:

1. Sayuran dan salad 

Sayuran adalah sumber karbohidrat yang baik bagi penderita diabetes. Selain itu, sayuran kaya akan serat yang membantu mengontrol kadar gula darah.

Cobalah untuk mengonsumsi berbagai jenis sayuran seperti bayam, kangkung, brokoli, kubis, dan lain sebagainya. 

2. Daging tanpa lemak 

Untuk mengisi protein dalam tubuh, penderita diabetes bisa memilih daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, atau daging sapi tanpa lemak. 

Hindari mengonsumsi daging yang digoreng atau diolah dengan bahan-bahan berlemak tinggi.

3. Karbohidrat kompleks 

Penderita diabetes tetap membutuhkan karbohidrat dalam jumlah yang tepat. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau kentang rebus. 

Sayangnya, hidangan khas berbuka puasa seperti ketupat atau lontong sebaiknya dihindari karena mengandung karbohidrat sederhana tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

4. Buah-buahan 

Buah-buahan adalah sumber serat dan vitamin yang baik bagi penderita diabetes. Namun, perhatikan juga jumlah konsumsinya karena beberapa buah mengandung gula alami. 

Hal ini tentu bisa meningkatkan kadar gula darah. Pilih buah-buahan yang rendah gula seperti apel, jeruk, atau stroberi.

5. Air putih

Jangan lupa untuk banyak minum air putih setelah berbuka puasa. Hal ini akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi serta mengontrol kadar gula darah. 

Hindari minuman manis seperti sirup atau minuman bersoda yang tinggi akan gula.

Dalam memilih menu buka puasa yang tepat untuk penderita diabetes, perlu diperhatikan juga jumlah konsumsinya serta interval waktu antar makanan.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter